Header Ads Widget

}

Memeluk Anjing Sebaiknya Tak Dilakukan Manusia jika Respon Peliharaan BT

Banyak ekspresi suka, bahagia dan senang pada hewan peliharaan di rumah oleh majikan hingga anggota keluarga melakukan dengan memeluk mereka. Kita menilai pelukan untuk anjing salah satu ungkapan gembira pada kehadiran mereka. 

Saya tidak meragukan betapa sayangnya pemilik pada anjing mereka, namun pelukan kepada mereka sebenarnya bisa menyebabkan rasa tak nyaman untuk anjing.

Pelukan manusia kepada peliharaan dapat memberi rasa kelegaan untuk majikan atau anggota keluarga. Reaksi hormon oksitosin yang tersalurkan adalah penyebab rasa enak tersebut. 

Mengutip pakar yang mengamati perilaku anjing, Dr. Stanley Coren di Universitas of British Columbia, pelukan majikan bisa tak disukai anjing peliharaan mereka.

Stanley menjelaskan, evolusi yang terjadi pada anjing memiliki naluri khusus untuk berlari seperti hewan lain seperti serigala, rusa dan hewan lain. Penekanan rasa tidak nyaman yang dialami mereka cenderung melakukan mekanisme pertahanan diri dasar adalah berlari menghindar, bukan menyerang penyebab suasana tidak nyaman tersebut.

Ia mengungkapkan proses berlari tersebut membuat anjing dan hewan sejenisnya akan meningkatkan kadar hormon kortisol atau hormon stres yang terbuang dari kelenjar adrenal.

Pilihan terakhir yang dilakukan mereka ketika tersudut dan tak bisa berlari dengan berubah agresif melakukan serangan ke pengganggu tersebut.

Tulisan yang disampaikan pakar perilaku anjing, Dr. Stanley Coren mungkin tak pernah terpikirkan masyarakat awam. Untuk membuktikan benar atau tidak yang dikatakan, Anda bisa mencoba praktek dengan anjing kesayangan di rumah.

Persiapan yang diperlukan untuk melihat respon anjing ketika menerima pelukan pemilik atau anggota keluarga lain adalah menggunakan kamera untuk merekam atau memakai foto untuk melihat ekspresi peliharaan.
Beberapa respon anjing yang menerima pelukan dari manusia, mungkin berbeda tiap ras dan usia mereka. Sebagian besar perilaku anjing ketika di peluk dominan bereaksi menjilat bibir, menguap, memalingkan muka menjauh dari hadapan Anda, atau bentuk telinga anjing menjadi turun tidak seperti normal. Jika hasil tangkapan video dan foto terlihat seperti ini, sebaiknya memeluk mereka dikurangi atau dihentikan sama sekali untuk rasa nyaman hewan.

Berbeda jika perilaku anjing yang di peluk tidak memperlihatkan rasa stres hingga tak nyaman, menandakan Anda bisa melakukan ekspresi memeluk untuk mereka.

Mari kita bahas satu persatu respon anjing tersebut.

Bahasa anjing dengan bahasa manusia jelas berbeda untuk mengatakan sesuatu hal yang dialami. Namun banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui seperti apa bahasa tubuh anjing ketika senang, stres, bahagia, takut dan perasaan lainnya yang dialami oleh manusia.

Fakta bahasa tubuh anjing yang jarang diketahui masyarakat umum, misalnya ketika anjing menjilat bibir mereka saat di peluk menandakan mereka mulai stres dan mulai merasa tidak nyaman. Keadaan stres dan tidak nyaman yang didapat anjing selama dalam pelukan, meningkat hingga perilaku lain ditunjukkan anjing adalah menguap.

Menguap yang dilakukan anjing saat dipeluk menandakan mereka semakin tidak nyaman yang kadang disertai perilaku lain mengangkat satu kaki. Anjing berusaha bersikap sabar dan menenangkan dirinya.

Penelitian yang dilakukan untuk mencari tahu perilaku anjing mengalami stres oeh Tufts University mengungkapkan ekspresi yang hampir sama dengan Stanley. Pakar pelatih anjing menyebutkan, anjing yang menjilati bibir hingga menguap, saat itu mereka melepas hormon kortisol saliva lebih banyak dibanding keadaan normal.

Hal yang sama ketika anjing memalingkan muka mereka ke samping dari hadapan Anda, menandakan mereka berusaha sopan dan tidak ingin melakukan konfrontasi. Jika perilaku peliharaan demikian saat di peluk, sebaiknya dikurangi atau dihentikan karena membuat mereka tidak nyaman.

Tanda lain yang bisa diberikan anjing mendapat pelukan oleh manusia adalah bentuk telinga berubah. Jika pola telinga anjing turun merunduk, berarti merasa susah dan tidak nyaman.

Meski tidak seluruh ras anjing tidak nyaman menerima pelukan pemilik dan anggota keluarga. Anjing bisa memberikan respon bahagia dan senang saat mendapatkan. Hal mendasar untuk mengetahui seperti apa respon mereka adalah melihat bahasa tubuh anjing.

Jika sebagian besar anjing merasa BT dengan pelukan, mereka lebih suka melakukan komunikasi melalui elusan dan sentuhan. 

Dengan elusan dan sentuhan yang Anda berikan untuk anjing, saat mereka tidak nyaman lebih mudah untuk menghindar.

Banyak cara yang bisa dilakukan majikan untuk mengekspresikan perasaan senang dan bahagia mereka dengan anjing. Dari kegiatan bermain bersama, berbincang dengan mereka dan kegiatan lain.

Demikian tulisan ini semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa ya, share dan bagikan ke teman atau komunitas penyayang kucing jika bermanfaat. Anda bisa mendapat berita terbaru dari situs hewandankita.blogspot.com melalui google news dengan bergabung disini.

Sumber

Post a comment

0 Comments