Header Ads Widget

}

Penyebab Anak Kucing bisa Berbeda Warna dengan Induk

Pernahkah Anda melihat hal yang aneh dari kehamilan hingga kelahiran induk kucing sekitar rumah? Salah satu peristiwa yang bisa Anda temukan, warna anak kucing yang lahir dari induk kucing bisa berbeda.

Penyebab mantel bulu anak kucing yang tidak sama dengan induknya, menjadi pertanyaan iseng dari penulis. Kenapa bisa begitu ya, kira-kira seperti itu pertanyaannya. 

Misteri kehidupan dan kematian barangkali tanda tanya besar hingga saat ini. Sama seperti anak kucing yang lahir namun berbeda dengan induk, bahkan berbeda dengan saudara lain.

Mengutip penjelasan yang disampaikan Pop Science tentang masa kehamilan induk kucing, rata-rata akan melahirkan 3-5 ekor setiap kehamilan yang terjadi. Beberapa dari anakan yang lahir itu, tidak semuanya bewarna sama persis dengan saudara lain, bahkan bisa kita katakan kontras. Jika 3-4 ekor anak kucing memiliki mantel bulu hitam, kemungkinan 1 memiliki warna cerah seperti putih.

Penyebab anak kucing punya warna berbeda dengan induk, salah satu pengaruh cukup besar adalah periode ovulasi kucing betina. Istilah cukup dikenal dalam kamus kesehatan, disebut heteropaternal superfecundation.

Persilangan kucing betina yang terjadi dan menyebabkan kehamilan tersebut, sebagian besar dilakukan lebih dari satu pejantan melakukan.

Proses perjalanan sel kucing jantan yang menghasilkan pembuahan dari beberapa sumber tersebut, bisa menghasilkan anak kucing dari induk betina yang sama dengan pejantan berbeda di waktu yang sama.

Fenomena pembuahan yang terjadi terhadap induk kucing betina tersebut, sebagian besar bisa terjadi pada mamalia lain seperti sapi, anjing dan lainnya. Fenomena ini tidak berlaku pada manusia karena tergolong sangat langka dan jarang terjadi kelahiran anak manusia lebih dari satu, kecuali memiliki faktor penyebab kuat lainnya.

Pengaruh tidak langsung untuk kucing betina dalam fenomena yang berlangsung, dianggap pendorong meningkatnya peluang keberhasilan kucing betina meneruskan genetik keturunan baru.

Pengaruh pada anak kucing berbeda warna dengan induk

Meski jarang terjadi pada anak kucing yang sehat yang memiliki warna berbeda dengan induk kucing betina, beberapa peristiwa bisa terjadi pada anak kucing tersebut.

Misalnya, Anda bisa menemukan anak kucing ditingalkan induk kucing betina karena perbedaan warna mantel bulu dengan dirinya.

Dugaan penyebab induk kucing bisa meninggalkan anaknya berusia kecil dan membawa saudara lain yang bewarna sama dengan induk, diantaranya:
-induk kucing dalam masa stres dan pengaruh psikologis lain 
-induk kucing menilai anak kucing dengan warna tak sama dengan dirinya adalah cacat sehingga dianggap tidak mampu bertahan hidup jika dirawat.

Untuk memastikan anak kucing punya bulu berbeda dengan induk, dan ditinggalkan secara sengaja. Sebaiknya Anda membaca artikel berikut sehingga lebih peka mengambil keputusan merawat mereka.

Demikian tulisan "Penyebab Anak Kucing bisa Berbeda Warna dengan Induk" dibuat penulis, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment

0 Comments