Header Ads Widget

}

17 Jenis Anjing Setia di Dunia

Ilustrasi gambar anjing, kredit pikist.com

Kisah inspirasi kesetiaan hewan peliharaan anjing pada majikan sudah banyak kita dengar di dunia. Salah satu kisah jenis anjing setia di dunia tayang dalam bentuk film Hachiko. Selain itu, ada banyak cerita anjing menunggu pemilik ketika sakit, berjuang membela pemilik dari hewan berbahaya seperti ular, hingga upaya menyelamatkan orang yang dicintainya agar tak tenggelam.

Penyebab anjing bisa setia

Sosok anjing terkenal sifatnya setia dan seringkali mengingat kebaikan manusia yang merawat mereka tanpa pamrih. Ia tak segan mengorbankan nyawanya jika dianggap sepadan bagi keselamatan orang yang dilindungi bebas dari bahaya.

Mengutip Michaelson Found Animals, soal perilaku mereka setia kemungkinan dari sejarah ratusan ribu tahun lalu, habitat anjing telah dekat bersama manusia. Yang artinya, ada ketergantungan hidup dengan anggota lain dalam kelompok selama berabad-abad.

Jenis anjing setia di dunia mungkin lebih banyak dari penulis sebutkan, sekitar 17 ras karena keterbatasan informasi tentang mereka. Di luar sana, ras anjing tidak semua tercatat resmi di asosiasi hewan dunia sehingga tak masuk dalam kelompok anjing setia.

Siapa saja 17 jenis anjing setia tersebut?

  1. Golden Retriever
  2. German Shepherd
  3. Great Pyrenees
  4. Beagle
  5. Collie
  6. Rottweiler
  7. Boxer
  8. Saint Bernards
  9. Yorkshire Terrier
  10. Dachshund
  11. American Staffordshire Terrier
  12. Akita
  13. Labrador Retriver
  14. Doberman Pincher
  15. Chihuahua
  16. English Cocker Spaniel
  17. Newfoundland

Nama Golden Retriever (GR) sudah terkenal di dunia dan termasuk ras anjing setia memperoleh skor tinggi dari pecinta hewan. Popularitas anjing GR juga mendapat pengakuan dari American Kennel Club. Karakter dan kepribadian anjing Golden ini tidak sekedar cerdas dan anggun. Kelebihan lain, GR sangat setia, energik, dan menyenangkan menjadikan anjing keluarga.

Nama German Shepherd salah satu anjing mudah dikenali dalam kelompok masyarakat modern. Mereka sering bekerja bersama polisi, tentara dan organisasi sosial dibidang penyelamatan. Jika German Shepherd lebih sering membantu keamanan untuk polisi dan tentara, hal ini didukung keunggulan mereka sebagai kelompok anjing pekerja sangat aktif dan cerdas.

Dalam kehidupan keluarga normal, anjing German Shepherd yang terlatih dengan baik sering menjadi hewan pelindung keluarga dan rumah.

Nama Great Pyrenees adalah jenis anjing pekerja dengan ciri khusus pada tubuh besar dan kuat. Kelompok anjing pekerja ini sebagian besar hidup di lingkungan peternakan sebagai hewan penjaga ternak, sekaligus mengusir predator yang mengintai ternak. 

Karakter dan kepribadian anjing Great Pyrenees terkenal sangat sayang keluarga mereka dengan ciri khas sifatnya yang waspada, 

Beagle adalah anjing pemburu yang setia dan menggemaskan karena sifatnya aktif penuh energik. Sebagai jenis anjing setia dalam karakter dan kepribadian mereka, sifatnya sangat melindungi anak-anak.

Jenis anjing setia dari ras Collie adalah karakter mereka aktif dan cerdas belajar trik baru sangat cepat, Mengutip AKC tentang Collie, pemilik yang merawat mereka perlu memberi banyak latihan sehingga punya kemampuan menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat.

Jenis anjing setia berikutnya adalah Rottweiler. Ras ini terkenal anjing pekerja keras dengan sifatnya melindungi orang yang dicintai. Untuk memelihara ras ini, pemilik perlu memberi banyak latihan, interaksi dan pengenalan lingkungan dan cara membesarkan yang benar. Rottweiler memiliki naluri alami melindungi keluarga mereka, sehingga harus dilatih sejak usia dini untuk mencegah sifat protektif dari menjadi agresif kepada orang asing.

Jenis anjing setia berikut adalah Boxer. Mereka terkenal sebagai hewan penyayang, sabar, dan protektif menjaga anggota keluarga. Dari catatan American Kennel Club, mereka sangat berani dan membela keluarga mereka apa pun yang terjadi.

Saint Bernards mendapatkan reputasi sebagai anjing penyelamat karena pernah digunakan oleh para biarawan biksu di Pegunungan Alpen Swiss untuk menemukan dan menyelamatkan para pelancong yang hilang, Kelebihan lain dari anjing Saint Bernards yakni bakat mereka sebagai anjing setia pada keluarga.

Yorkshire Terrier dalam catatan American Kennel Club adalah jenis anjing penyayang dan memiliki sikap sigap sebagai anjing peliharaan. Karakter dan kepribadian lain dari Yorkshire Terrier, sifatnya setia.

Ras Dachshund awalnya dibiakkan untuk berburu. Untuk memelihara anjing Dachshund butuh banyak latihan agar sifat keras kepala menjadi penurut dan kemandirian mereka bersama orang yang disayangi,

American Staffordshire Terriers memiliki karakter ramah, waspada, dan patuh. Ras anjing ini setia dan sering membantu menjadi  anjing penjaga.

Ras Akita dikenal di Jepang sebagai anjing asli dari sana. Sebagian besar karakter Akita memiliki kepribadian sebagai hewan setia dan pelindung keluarga mereka. Di Jepang, ras Akita simbol kehidupan panjang dan sehat, Jika Anda ingin merawat hewan ini, American Kennel Club memaparkan sifatnya tidak percaya pada orang asing, oleh karenanya, mereka perlu banyak latihan, interaksi dan sosialisasi yang cukup dengan orang dekat maupun anjing lain sejak lahir.


Nama Labrador Retriver masuk kelompok anjing paling populer di Amerika Serikat. Mereka banyak dirawat dalam masyarakat karena sifatnya ramah, sabar, dan cerdas. Mengutip Dogtime.com. selain jenis anjing setia, Labrador Retriver sering digunakan sebagai anjing terapi karena karakter kepribadiannya tidak akan meninggalkan Anda jika sakit.

Ras Doberman adalah hewan yang berbeda dibanding anjing lain, Ciri utama otot besar yang dibiakkan menjadi anjing pelindung, Doberman adalah anjing penyayang, setia, dan stabil. Doberman bisa menjadi anjing keluarga luar biasa dengan pelatihan yang tepat. Mengutip Vet Street soal reputasi buruk tentang mereka, karena peternak ceroboh dan pemilik tidak meluangkan waktu untuk bersosialisasi dan melatih mereka.

Chihuahua adalah anjing kecil dengan perilaku uniknya seolah-olah memiliki ukuran dan kekuatan seperti anjing besar. Sifat mereka yang terkenal adalah setia kepada manusia.

Ras English Cocker Spaniel adalah pilihan lain dari kelompok jenis anjing setia yang selalu ikut serta dalam kegiatan keluarga. Anjing English Cocker Spaniel termasuk jenis anjing lucu.

Ras Newfoundland adalah anjing pekerja dengan badan besar. Meski bentuk badan mereka besar, karakter kepribadian anjing ini  lembut dan sabar dengan anak-anak. Selain itu, anjing Newfoundland masuk jenis anjing setia.

Post a Comment

0 Comments