Header Ads Widget

}

Cara Memilih Tempat Makan Kucing

Tempat makan untuk kucing memiliki peranan yang besar pada perilaku hewan peliharaan belajar disiplin menemukan makanannya. Selain itu wadah untuk makanan kucing dapat fungsi menjaga makanan tidak berceceran ketika diberikan pada mereka.

Ilustrasi foto: Pxhere/Robert Couse-Baker


Faktor penting tempat makanan kucing inilah memerlukan cara yang tepat memilih sebelum dibeli. Desain yang tersedia di pet shop hingga toko online menjual aksesoris hewan peliharaan ini, bisa membingungkan pemilik.

Cara memilih kotak makanan untuk kucing yang sesuai bisa membuat mereka nyaman mengonsumsi makanannya jika desain yang dipilih telah cocok. 

Selain itu, tempat makan untuk kucing ada banyak bahan dasar yang digunakan, mulai dari plastik, tempat makan kucing keramik, sampai yang berbahan dasar stainless steel.


Cara Memilih Tempat Makan Kucing


Sebelum Anda membeli wadah makan hewan kesayangan, beberapa tips ini dapat membantu memilih tempat makan yang sesuai untuk kucing peliharaan Anda. 


Pilih kotak makan kucing dengan kedalaman sedang


Ketika Anda belum tahu cara memilih tempat makan kucing keramik, plastik hingga bahan stainless steel. Kita lupakan sementara waktu tentang bahan dasar ini. Hal yang utama cara memilih tempat makan untuk kucing, perhatikan wadah dasarnya tidak terlalu dalam atau terlalu datar.

Jika tempat makan kucing keramik, stainless steel maupun bahan plastik terlalu datar. Saat makanan diletakkan di tempat tersebut, kemungkinan besar akan berceceran keluar dari wadah. 

Apalagi jika jenis makanan kucing tersebut yang basah, maka menambah kerepotan yang tidak perlu untuk membersihkan dan mengepel lantai. 

Lokasi ceceran sisa makanan kucing yang tertinggal dan tidak dibersihkan, mengundang lalat, semut dan kemungkinan jamur.

Sementara wadah makanan kucing terlalu dalam ketika digunakan untuk hewan peliharaan ini, rata-rata makanan yang dibagian terdalam sulit di jangkau oleh mereka. Akhirnya makanan terbuang percuma karena tidak mau dimakan oleh mereka.

Cara memilih tempat makanan kucing paling sesuai adalah mengukur agar mereka bisa makan dengan nyaman.


Pilih tempat untuk makan kucing dengan lebar yang sesuai


Setelah Anda mendapat kotak yang sesuai untuk makan kucing keramik, plastik maupun berbahan dasar stainless steel dengan kedalaman sedang, cara berikutnya memilih tempat makan adalah lebarnya.

Pilih tempat makan untuk kucing yang cukup lebar supaya saat makan, kumis kucing tidak tersentuh dengan pinggir tempat makanan tersebut.

Saat hewan peliharaan kucing ingin makan, mereka cenderung tidak suka kumis tersentuh dengan benda lain. Jika pemilihan tempat untuk makan sembarangan dan dibiarkan, membuat kucing stres bahkan bisa menurunkan selera makan mereka.

Semakin lebar tempat makanan yang digunakan, rata-rata lebih baik dengan ukuran lebar yang sesuai dengan isi makanan.

Jika lebar tempat makanan berlebihan, kucing akan sulit mengambil makanan tersisa karena harus maju. Akhirnya membuat mereka naik ke atas tempat makan tersebut.


Pilih tempat makan kucing dengan tinggi sesuai


Penyebab ketinggian tempat makan bisa berpengaruh pada kucing Anda menjadi nyaman atau tidak menyukai, karena saat mengonsumsi, kucing cenderung menunduk.

Saat wadah makan kucing ini terlalu rendah, akibatnya mulut yang terhubung pendek ke lambung bisa menyebabkan kucing muntah.

Saluran pencernaan kucing berbeda karena mulutnya sangat dekat dengan lambung.

Jika mereka makan terlalu cepat dan tergesa-gesa, rentan memuntahkan makanan yang sudah dimakan.

Sementara posisi tempat makanan kucing terlalu tinggi membuat mereka tidak nyaman mengonsumsi makanan. Hal ini disebabkan jangkauan yang tidak mudah di capai mulut.

Oleh karenanya, usia hewan peliharaan berpengaruh pada pola makan saat menggunakan tempat yang sama.

Usia anak kucing yang semula lahap makan makanan yang diberikan, setelah besar menjadi menurun karena memakai tempat makan masih yang lama dan tidak pernah diganti yang sesuai.


Pilih wadah untuk makan kucing dengan berat yang sesuai


Cara memilih tempat makan kucing yang cocok untuk mereka adalah memperhatikan bobot tempatnya. 

Saat hewan peliharaan Anda mengonsumsi makanan yang disajikan, ada kemungkinan terseret-seret dan bergeser. 

Cara makan seperti ini akan mengurangi kenyamanan kucing Anda menghabiskan sisa makanan, yang akhirnya tidak habis semua.

Solusi tempat makan kucing bahan plastik yang digunakan, usahakan bagian bawahnya tidak licin dan mudah bergeser. Caranya, bisa menggunakan bahan pelapis anti slip atau ditambahkan double tip di bagian alasnya.

Desain bahan tempat makanan kucing bervariasi, mulai berbahan plastik, keramik hingga stainless steel. 

Mana yang lebih bagus dari beberapa bahan dasar tempat makanan kucing tersebut? menurut pendapat pribadi penulis hampir sama karena ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Keuntungan tempat makan plastik, membelinya lebih murah sehingga bisa dibeli dalam banyak model. Kekurangannya adalah bahannya ringan sehingga mudah bergeser.

Keuntungan membeli tempat makan kucing keramik adalah bobotnya mantap. Kekurangan tempat makan dari keramik mudah pecah jika tidak hati-hati dan harganya lebih mahal dari plastik.

Keuntungan membeli kotak makan kucing stainless steel adalah bahan dasarnya kuat dan anti pecah saat terjatuh. Kekurangan dari bahan stainless steel yang menjadi kotak makanan kucing adalah harganya sangat mahal.

Jika pemilik kucing ingin investasi jangka panjang, disarankan menggunakan bahan dasar dari keramik atau stainless steel. Penyebab makanan untuk kucing bervariasi yang terkadang butuh dihangatkan dengan microwave.

Biasanya jenis makanan kucing yang perlu dihangatkan adalah jenis basah atau hasil buatan sendiri yang dibekukan.


Pilih tempat makanan kucing sesuai kebiasaan mereka


Jika Anda memperhatikan cara mereka makan, terkadang ada beberapa peliharaan punya kebiasaan yang tak sama dengan kucing lain.

Salah satu contohnya, ada perilaku kucing saat makan tergesa-gesa sehingga makanan tetap tumpah meski tempat dasarnya cukup dalam, tidak datar.

Solusi mengatasi kebiasaan kucing yang makan berceceran, caranya memilih tempat makan yang miring. Dengan menggunakan kemiringan yang tepat, kucing lebih mudah mengambil makanan namun tidak tumpah berceceran karena di jaga pinggiran tempat makan.

Alternatif lainnya jika kucing masih makan berceceran dan sering tumpah, mengganti tempat makanan kucing yang keluar secara otomatis. Untuk mendapatkan tempat makan kucing bekerja secara otomatis, coba tanyakan di pet shop terdekat atau mencari di toko online yang menjual kebutuhan hewan.


Berapa ukuran tempat makan yang sesuai untuk kucing


Jika Anda masih bingung dengan cara memilih ukuran tempat makan kucing yang sesuai, rata-rata diameter yang agak cocok sekitar 12-15 cm, tinggi tempat sekitar 5-10 cm, kapasitas tampung sekitar 150-500 ml, berat tempat makan sekitar 300-600 gram.

Pilih yang paling cocok digunakan pada kucing Anda atau bertanya langsung dengan staf yang melayani Anda ketika membeli di pet shop atau toko online.


Catatan kecil untuk membersihkan kotak makan kucing


Penulis memberikan beberapa catatan kecil untuk tempat makan kucing yang selesai digunakan hewan. Biasakan mencuci atau membersihkan sisa makanan yang tertinggal dalam dasarnya.

Sisa makanan yang tidak termakan di waktu cukup lama, disarankan tidak diberikan kembali untuk kucing, karena rata-rata aromanya sudah berubah menjadi agak bau.

Selain itu, jangan mencampurkan makanan baru dengan sisa makanan lama.

Setelah digunakan untuk makanan basah, disarankan dicuci dengan benar dan dikeringkan.

Post a comment

0 Comments