Header Ads Widget

}

Cara Merawat Anjing untuk Pemilik Pemula

Memelihara hewan di rumah bukan sekedar faktor lucu dan gemasnya tingkah laku mereka menghibur kita dan anggota keluarga. Saat memutuskan adopsi atau membeli anjing sebagai teman dan sahabat, cara merawat anjing dengan benar perlu juga diketahui agar mereka selalu sehat dan bahagia.

Ilustrasi foto:cuvariravnice.blogspot.com

Cara merawat anjing untuk pemilik pemula sengaja penulis dunia hewan buat ini untuk menambah pengetahuan yang mungkin saja belum banyak diketahui. Untuk merawat anjing di rumah, tak sekedar menyediakan makanan berkualitas baik setiap hari, kebutuhan dasar mereka perlu juga di perhatikan.

Perawatan kebutuhan dasar untuk anjing meliputi beberapa faktor penting yang sulit dipisahkan dengan mereka. Misalnya bagaimana cara merawat bulu, menjaga kuku anjing selalu nyaman digunakan setiap hari, sampai pada cara perawatan gigi anjing di waktu tertentu.

Cara merawat anjing untuk pemilik pemula


Cara merawat bulu anjing


Sebagian besar ras anjing memiliki lapisan bulu ganda dan sebagian lagi hanya mempunyai bulu tunggal. Dalam artikel tulisan dunia hewan untuk merawat anjing berikut, penulis menggunakan contoh cara merawat anjing Papillon karena bulu mereka tunggal sehingga lebih sulit dijaga kebersihan dan kesehatan.

Cara merawat bulu anjing Papillon ras hewan dengan bulu tunggal, artinya hanya 1 bagian bulu saja dan tidak ada lapisan bawah yang tebal seperti ras anjing lain. Jenis anjing dengan bulu ganda seperti pomeranian, Huskie hingga Golden Retriver, rata-rata bagian bulu mereka lebih mudah dipelihara meski punya bulu panjang.

Sementara anjing Papillon memiliki ciri bulu tunggal sekaligus panjang. Jika pemilik kurang memperhatikan kebersihan bulu mereka, anjing Papillon yang kurang dimandikan teratur, mudah muncul bau khas doggie yang biasa ada pada anjing liar.

Peralatan pendukung untuk menyisir dan menyikat bulu anjing tersedia dalam variasi model dan bahan pilihan yang bisa Anda temukan di petshop atau supermarket kebutuhan hewan.

Jika Anda memiliki uang lebih, bahan sisir yang baik lebih baik menggunakan sikat yang lembut dengan bahan stainless stell atau berasal dari logam.

Ideal waktu merawat bulu anjing adalah jadwal menyisir setiap hari jika bulu mereka tergolong panjang dan memandikan secara teratur dengan sampo anjing minimal 1 kali dalam sebulan.

Untuk mendapatkan waktu mandi setiap ras anjing, bisa berbeda sesuai kebutuhan masing-masing. Misalnya pada anjing membutuhkan perawatan kesehatan akibat kutu hingga keperluan spesifik memberi nutrisi untuk akar bulu lebih kuat dan sehat, bisa lebih sering memandikan anjing.

Oleh karena itu, minta saran dari dokter hewan terdekat, waktu yang tepat memandikan mereka berapa kali dalam sebulannya.

Cara memandikan anjing


Ras anjing rata-rata lebih mudah pada perawatan bulu jika termasuk hewan bulu pendek karena cenderung lebih sedikit waktu perawatan. Hewan dengan ciri bulu panjang hingga lebat, tingkat bulu kusut mengumpal dan kotor karena debu dan benda asing lain sering melekat.

Tips dasar cara memandikan dan membersihkan anjing, selain melakukan dengan sampo khusus anjing, peralatan lain yang dibutuhkan adalah sikat gigi.

Waktu yang cocok membersihkan gigi anjing adalah 3 kali dalam seminggu agar rongga mulut dan gigi mereka tetap bersih. Jangan lupa menggunakan pasta khusus untuk anjing yang tersedia di petshop terdekat.

Peralatan pendukung sebelum memandikan anjing, Anda butuh beberapa kelengkapan, seperti sampo hewan, tempat penampung air, keset anti slip dan hal lain yang dianggap perlu saat memandikan mereka.

Sepanjang memandikan anjing dilakukan, hal penting sebagai dasar perlu Anda ketahui, yakni meyakinkan sisa sampo tidak tertinggal di sela bulu atau menempel di kulit mereka. 

Sisa sampo yang tertinggal dan kurang bersih saat dibilas, sebagian bisa mengakibatkan iritasi kulit dan menimbulkan gatal.

Cara mengeringkan sisa air masih tertinggal di dalam bulu dan kulit dalam, Anda bisa memanfaatkan pengering rambut atau hair dry dengan cara penyemprotan yang aman dan volume semprotan paling kecil, supaya hawa panas yang keluar tidak melukai kulit.

Saat menggunakan pengering rambut, caranya sering berpindah posisi ke tempat lain sambil menjaga jarak aman dari kulit.

Cara memotong kuku anjing


Cara memotong kuku anjing harus dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman mengerjakan. Jika pemilik pemula belum pernah memotong kuku anjing yang panjang, disarankan minta bantuan tenaga profesional atau teman yang sering melakukan hal tersebut.

Sebelum melakukan cara memotong kuku anjing untuk memendekkan kuku anjing yang terlalu panjang dan tajam, peralatan pendukung perlu disediakan seperti gunting kuku khusus hewan.

Ketidak tepatan saat memotong kuku anjing, bisa menyebabkan luka dan berdarah jika terlalu pendek.

Minta saran atau petunjuk dari groomer atau dokter hewan, batasan diperbolehkan untuk dipendekkan agar tidak mengenai bagian daging kuku.

Waktu perkiraan memeriksa dan memotong kuku anjing antara 1 bulan hingga 2 bulan atau sesuai kondisi yang terjadi pada hewan.

Cara membersihkan telinga dan mata anjing


Telinga dan mata anjing perlu diperhatikan kebersihannya, terutama setelah mereka selesai mandi. Telinga anjing yang kemasukan air selama dimandikan, bisa menjadi masalah baru untuk pendengaran mereka berkurang.

Masalah lain yang timbul pada telinga anjing berair karena sisa air saat mandi, dapat mengundang infeksi jamur hingga kuman. Tanda gangguan kesehatan telinga anjing, terlihat perilaku mereka yang sering mengaruk bagian telinga berlebihan atau gejala lain perubahan warna menjadi kemerahan.

Cara merawat anjing dengan tepat sangat penting menjaga kenyamanan dan kesehatan mereka selalu terjaga. Selain memperhatikan waktu dan cara memandikan, cara memotong kuku, cara menyisir bulu hingga cara membersihkan telinga dan mata anjing, faktor lain yang mempengaruhi adalah lingkungan eksternal pada kebersihan kandang hingga tempat makan dan minum.

Post a Comment

0 Comments