Header Ads Widget

}

Verval ponsel data kemendikbud go id untuk siswa dan guru pendidik

Kemudahan dalam mendukung proses belajar mengajar para siswa dan guru selama masa pandemi covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis program bantuan untuk dunia pendidikan.

Sumber kemdikbud


Aksi nyata secara cepat dan terus menerus, Kemendikbud tak jenuh memberi sosialisasi kepada para siswa dan pengajar. Salah satu program bantuan yang diumumkan, Verifikasi & Validasi Nomor Ponsel Peserta Didik para siswa dan guru, yang disingkat dengan verval.

Verval nomor ponsel data kemendikbud go id yang berlangsung untuk para siswa didik jenjang pendidikan sebagian besar di Indonesia, mencakup pendidikan SD, MSP, SMA, SMK), seperti yang disosialisasikan channel Youtube Kemendikbud RI, Selasa 8 September 2020.

Mengutip keterangan narasumber Pusat Data Teknologi dan Informatika Kemendikbud RI, Hasan Chabibie Arief Setyo Nugroho, Yudhantara L Manik Mustikohendro menerangkan, 2 tahapan dasar perlu diketahui cara mendapatkan program bantuan kuota internet, mempersiapkan beberapa awal yang diperlukan dan memulai verifikasi validasi Nomor Ponsel Peserta Didik.

Verval ponsel data kemendikbud go id untuk siswa dan guru pendidik


Data pemula melakukan verval secara umum


Tujuan melengkapi data awal sebelum registrasi verval ponsel mendapat program bantuan kuota internet, selain untuk memastikan calon pendaftar memiliki kebenaran sebagai peserta didik atau guru, tujuan data juga melihat data yang dientry unik. 

Dengan demikian, bisa diketahui nomor ponsel yang akan didaftar nantinya aktif dan telah dipastikan persetujuan oleh Kepala Sekolah.

Agar data awal dapat siap dengan tepat, Anda perlu data siswa diantaranya identitas yang terdaftar sebagai siswa pendidikan. Sementara untuk guru pendidik dengan identitas guru aktif pada sekolah induk.

Tahapan Prosedur Verval Nomor Ponsel

  • Pihak pendidik atau staf memeriksa verifikasi dan validasi nomor ponsel peserta (siswa/guru)
  • Pusat Data dan Teknologi Informatika Kemendikbud memeriksa Verifikasi dan Validasi nomor ponsel peserta didik dan guru yang sudah terdaftar
  • Operator provider menerima data yang dikirim Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud sehingga sesuai dengan data registrasi operator
  • Nomor ponsel yang kurang lengkap atau tidak sesuai dikembalikan operator ke Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud untuk perbaikan, yang diteruskan ke Satuan Pendidikan sebelumnya
  • Untuk memeriksa data yang sudah masuk, Anda bisa melihat di 
  • https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/vervalponsel/
  • https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/

Pendaftaran verifikasi dan validasi yang sudah sesuai, Satuan Pendidikan bisa membuat Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)

Cara verval nomor ponsel peserta didik



Setelah persiapan data awal lengkap, siswa dapat melakukan verval saat terhubung dengan jaringan internet. Masuk ke situs vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau klik disini

Setelah layar terbuka, masukan email dan password sesuai dari dapodik. Jika login menggunakan email dan password terbaru gagagl, coba menggunakan email dan password dapodik yang dimiliki sebelumnya.

Sampai tahapan kedua ini, jika login email dan password menggunakan data dapodik, tidak berhasil. Minta bantuan satuan Pendidikan sebagai operator awal mendaftarkan kembali di https://sdm.data.kemdikbud.go.id/

Jika login menggunakan email dan password berhasil, kita akan melihat tampilan layar berubah dengan urutan No, NISN, NIK, Nama, dan sebagainya.

Menu dalam layar yang perlu kita ketahui

Dilayar yang terbuka ini, ada 4 pilihan yang bisa kita lakukan sesuai kebutuhan. Beberapa diantaranya menu pengajuan, SPTJM, panduan dan pengguna.

Keterangan 4 menu pilihan:
  1. Pengajuan untuk verifikasi nomor ponsel peserta didik
  2. SPTJM untuk mencetak atau membuat Surat Pertanggung Jawaban Mutlak ditandatangani Kepala Sekolah
  3. Panduan untuk membaca tutorial dan mengunduh file cara menggunakan aplikasi dan cara verval nomor ponsel
  4. Pengguna untuk logout setelah selesai digunakan.

Cara verval nomor ponsel guru pendidik



Bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, selain diberikan untuk para siswa, guru pendidik mendapatkan program bantuan yang sama. 

Cara verifikasi dan validasi nomor ponsel guru hampir sama dengan verval untuk siswa.

Perbedaannya terletak dalam menu yang tampil di layar, dimana pilihan yang ada, seperti:
  1. Rangkuman untuk melihat jumlah guru dan siswa yang melakukan verval nomor ponsel
  2. Pendidik untuk melihat nama guru melakukan verval
  3. Peserta didik untuk melihat nama siswa melakukan verval
  4. Residu provider untuk mengetahui jika ada nomor ponsel yang tidak aktif atau data entry masih kurang tepat.

Demikian tulisan tentang verval ponsel kemendikbud untuk para guru pendidik dan verval ponsel siswa, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment

0 Comments