Header Ads Widget

}

2 Cara Stroberi Berkembangbiak Lewat Vegetatif Alami dan Buatan

 Mengenal Stroberi


stroberi dapat dikembangbiakan secara vegetatif buatan dengan cara ini
Sumber Pixabay/Alexas_Fotos

Memiliki bentuk yang khas dan unik, sebagian masyarakat telah mengenal stroberi sebagai buah yang memberi rasa segar bercampur rasa asam dalam bahan makanan dan minuman. Buah stroberi yang bisa juga dimakan secara langsung ini punya beberapa sebutan lain seperti strawberry hingga Fragaria ananassa.

Asal mulanya tumbuhan yang menghasilkan buah stroberi diperkirakan berasal dari Amerika dan dibudidayakan di beberapa daerah seperti Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Klasifikasi ilmiah kelompok stroberi yang berada dalam Famili Rosaceae dengan Genus Fragaria ternyata secara umum buah yang kita kenal selama ini bukanlah buah dalam arti yang sebenarnya. Buah yang dihasilkan dan berkembangbiak menjadi stroberi tersebut tidak berasal dari ovari tanaman pada umumnya.

Jika buah yang dikenal selama ini dihasilkan dari ovari tanaman (achenium), stroberi dari bagian bawah hypanthium yang menyerupai seperti mangkuk.

Budidaya tumbuhan buah stroberi di Indonesia mulai berkembang pesat sekitar tahun 1990 an. Habitat perkembangbiakan strawberry yang paling cocok adalah wilayah yang memiliki suhu rendah (dingin).

Beberapa tempat di Indonesia penghasil stroberi terkenal diantaranya Bandung, Krang Anyar, Sukabumi, Cipanas, Lembang, Batu dan Bedugul.

Cara mengembangbiakan Stroberi


Sumber Sumber Pixabay/RitaE 

Budidaya tumbuhan dan tanaman yang dilakukan masyarakat bisa menggunakan cara yang tidak sama sesuai kebutuhan masing-masing. Umumnya cara yang sering dipakai melakukan pembiakan tanaman dilakukan secara vegetatif atau generatif.

Metode vetatif yang sudah dikenal secara luas bisa dengan cara vegetatif alami yaitu melalui akar tinggal, umbi lapis, umbi batang, geragih dan tunas adventif.

Melakukan perkembangbiakan vegetatif alami adalah proses perkembangan dilakukan secara alami terhadap tumbuhan.

Saat manusia melakukan campur tangan terhadap tanaman atau tumbuhan akan disebut perkembangbiakan vegetatif buatan.

Beberapa contoh dari tumbuhan yang melakukan perkembangbiakan secara vegetatif alami diantaranya sproa, tunas, akar tinggal, umbi lapis, umbi batang dan geragih.

Sementara proses perkembangbiakan vegetatif buatan yang dilakukan manusia terhadap tumbuhan atau tanaman melalui beberapa cara seperti melakukan cangkok dan stek.

2 Cara Stroberi Berkembangbiak Lewat Vegetatif dan Generatif


Kemampuan stroberi berkembang sebagai buah bisa berlangsung dalam 2 cara, vegetatif alami (geragih, stolon) dan melalui vegetatif buatan.

Cara perkembangbiakan stroberi dalam vegetatif alami adalah menumbuhkan batang dan membuat menjalar pada permukaan tanah. Setelah proses pertumbuhan tanaman baru yang semakin memanjang saat semakin jauh dari induk akan membentuk tanaman baru.

Sumber Pixabay/Free-Photos

Salah satu alasan cara vegetatif alami bisa dilakukan dalam stroberi adalah setiap ruas yang mengakar dan membentuk akar baru memberikan nutrisi yang cukup membentuk tunas baru. Oleh karena itulah sebagian besar tumbuhan memiliki ruas dan membentuk akar baru tidak bergantung kepada induk.

Stroberi dapat dikembangbiakan secara vegetatif buatan dengan cara berikut:

Sementara itu stroberi cukup banyak ditanam dalam lingkungan sekitar manusia untuk dimanfaatkan buahnya.

Cara mengembangkan stroberi secara vegetatif buatan dengan memiliki suhu yang tepat untuk habitat mereka. Seperti beriklim sub tropis di dataran tinggi dan memiliki curah hujan sedang.

Suhu ideal untuk menanam stroberi menjadi subur memerlukan suhu udara berkisar 17-22 derajat celcius.

Setelah kita mengetahui stroberi dapat dikembangbiakan secara vegetatif buatan dan alami. Cara perkembangbiakan tumbuhan yang lain dengan generatif.

Perkembangbiakan generatif adalah cara tumbuhan menjadi semakin banyak secara kawin. Metode generatif yang sering terjadi pada tumbuhan berbiji yakni dengan bunga yang menghasilkan biji dan melalui penyerbukan.

Sarana yang mendukung proses penyerbukan umunya lewat perantara seperti tiupan anjing, air, hewan dan manusia.

Demikian tulisan tentang stroberi dapat dikembangbiakan secara vegetatif buatan dengan cara memilih suhu dan lingkungan yang sesuai. Semoga bisa memberi manfaat untuk kita semua.

Post a Comment

0 Comments