Header Ads Widget

}

Mengenali Faktor yang Mempengaruhi Keragaman Flora dan Fauna

Sumber Pixabay/Robert_LA

 Salah satu keunikan wilayah di permukaan bumi adalah perbedaan kondisi alam yang berbeda-beda tiap tempat. Bervariasinya lingkungan habitat flora dan fauna tersebut membuat beberapa keragaman sebagai faktor yang mempengaruhi makhluk tersebut.

Karakteristik yang dimiliki flora dan fauna masing-masing wilayah dengan cara perkembangbiakan secara spesisik bahkan bisa menjadi faktor utama hewan dan tumbuhan atau tanaman tersebut tidak ada di tempat lain atau dikenal dengan sebutan endemik.

Mengenali Faktor yang Mempengaruhi Keragaman Flora dan Fauna


Apa saja faktor yang mempengaruhi keragaman flora dan fauna di bumi?


Faktor pengaruh biotik pada flora (tumbuhan)

Habitat tanaman dan tumbuhan memiliki faktor pengaruh yang erat dengan lingkungan tempat mereka hidup menggunakan tanah. 

Jika tanaman atau tumbuhan tersebut berkembangbiak dan bertumbuh di tanah yang subur dengan zat penting yang diperlukan, maka akan bertumbuh besar dan lebat.

Kelebihan dari tumbuhan dan tanaman yang berkembangbiak di tanah yang subur tersebut memberi manfaat untuk makhluk lain seperti sumber makanan hewan dan tumbuhan lain.

Contoh jenis tumbuhan yang manfaat sebagai tanaman atau tumbuhan yang besar adalah jamur.

Faktor pengaruh biotik pada fauna(hewan)
Selain memanfaatkan tanaman atau tumbuhan yang tumbuh di tanah subur, hewan bisa membantu tumbuhan atau tanaman lain untuk berkembangbiak secara generatif.

Kedatangan hewan diantara tumbuhan atau tanaman menjadi perantara proses penyerbukan.

Contoh jenis hewan yang membantu penyerbukan adalah lebah yang menghisap madu sebagai sumber makanan mereka. Saat lebah menghisap madu dari tumbuhan atau tanaman makan serbuk sari yang menempel akan menyebar ke tempat lain.

Contoh spesies hewan lain sebagai perantara pada tumbuhan yang menjadi faktor engaruh biotik adalah lalat bunga, kupu-kupu, burung dan makhluk hidup lainnya yang mencari tumbuhan dan tanaman.

Faktor pengaruh biotik pada manusia

Selain faktor pengaruh berasal dari lingkungan seperti tanah yang subur dan hewan sekitarnya, manusia bisa memberi pengaruh besar dalam kehidupan flora dan fauna.

Meningkatnya eksplorasi penebangan hutan secara berlebihan tanpa memperhitungkan habitat flora dan fauna dalam hutan, membuat habitat asli hewan dan tumbuhan semakin sedikit.

Hutan yang gundul karena penebangan oleh manusia hingga penggunaan lahan hutan menjadi tempat tinggal dan pertanian membuat hewan sulit mencari sumber makanan secara alami.

Faktor abiotik


faktor abiotik yang mempengaruhi keragaman flora dan fauna terbagi menjadi beberapa kelompok, yakni klimatik (udara), edafik (tanah), iklim, sinar matahari, fisiografik (Geografi) dan air.

Demikian tulisan tentang faktor biotik dan abiotik yang mempengaruhi keragaman flora dan fauna. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda.

Post a Comment

0 Comments