Header Ads Widget

}

Mengenali Cara Perkembangbiakan Hewan dengan Membandingkan Berdasarkan Peta Konsep

 Pelajaran SD Kelas 4-6 Kompetensi literasi : Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Dok Pixabay.com

Dalam materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kita perlu mengenali cara perkembangbiakan hewan dengan tepat sehingga bisa memahami seperti apa cara mereka bertahan hidup dan meneruskan generasi baru. Tujuan dari makhluk hidup untuk bertumbuh dan menghasilkan keturunan adalah mencegah populasi yang menjadi sedikit sehingga terancam kepunahan.

Materi mengenali cara perkembangbiakan hewan yang dilengkap peta konsep secara sederhana diharapkan memudahkan para siswa membandingkan perbedaan yang ada pada masing-masing spesies makhluk hidup.

Mengenali Cara Perkembangbiakan Hewan


Cara hewan berkembangbiak terbagi dalam 2 kelompok berbeda yang dikenal dengan cara perkembangbiakan secara Generatif dan secara Vegetatif.

Perkembangbiakan secara Generatif adalah pembuahan atau proses terjadinya keturunan dilakukan melalui perkawinan yang membawa peranan induk jantan dan induk betina.

Agar lebih mudah memahami perkembangbiakan secara Generatif pada hewan. Kita perlu melihat proses yang berlangsung sehingga bisa membandingkan  perbedaan yang ada.

Cara berkembangbiak pada hewan secara Generatif terdiri dari 3 bagian yakni melalui bertelur (Ovipar), beranak atau melahirkan (Vivipar) dan bertelur dan beranak (Ovovivipar).

Perkembangbiakan secara Generatif


Penjelasan singkat pada hewan yang mendapat keturunan melalui bertelur adalah proses pembuahan akan terjadi saat sel jantan (sperma) membuahi sel telur (Ovum). 

Ovarium yang terdapat pada hewan induk betina akan menghasilkan Ovum sementara hewan induk jantan dengan testis akan menghasilkan sperma.

Beberapa contoh hewan yang berkembangbiak secara generatif melalui bertelur (Ovipar) terdapat pada spesies unggas, ikan, hewan amfibi dan beberapa hewan reptil.

Cara induk tiap hewan melakukan pembuahan bisa terjadi dengan 2 cara berbeda, yakni pembuahan secara internal atau secara eksternal.

Contoh spesifik jenis hewan yang melakukan pembuahan internal (dalam tubuh) yakni ayam, angsa, bebek, serangga dan jenis burung.

Contoh spesifik jenis hewan yang melakukan pembuahan eksternal (luar tubuh) yakni pada katak dan ikan.

Jika cara perkembangbiakan hewan pertama melalui bertelur. Cara hewan berkembangbiak menghasilkan keturunan bisa juga melalui beranak atau melahirkan.

Hewan yang memiliki kemampuan seperti ini disebut Vivipar dengan ciri yang bisa kita ketahui sebagai berikut.

Ciri pada hewan Vivipar yang bisa kita lihat adalah organ tubuh mereka memiliki kelenjar susu dan sebagian besar terdapat pada hewan mamalia.

Untuk lebih jelasnya mengenali ciri dari hewan berkembangbiak dengan beranak atau melahirkan, kita bisa memperhatikan hewan seperti anjing, kucing, sapi, kambing, lumba-lumba, paus dan hewan mamalia lainnya.

Perkembangbiakan secara generatif yang ketiga adalah bertelur dan beranak. Kemampuan hewan dengan melahirkan keturunan baru tersebut dapat kita lihat pada kadal dan spesies ular boa.

Perkembangbiakan secara Vegetatif


Sumber Pixabay/Free-Photos

Cara hewan mendapat keturunan agar tidak mengalami kepunahan bisa dengan cara perkembangbiakan secara Vegetatif.

Peta pembagian hewan yang melakukan secara Vegetatif terdiri 2 bagian, yakni secara vegetatif alami dan secara buatan.

Apa perbedaan perkembangbiakan hewan secara Vegetatif alami dengan buatan?


Dalam perkembangbiakan vegetatif alami, hewan akan menghasilkan individu baru tanpa melalui proses pembuahan. Jika kita melihat penjelasan sebelumnya tentang perkembangbiakan secara generatif, maka vetatif alami tidak melibatkan sel induk jantan dan induk betina.

Beberapa contoh pada hewan melakukan perkembangbiakan vegetatif alami biasanya terjadi pada tingkat hewan rendah dengan melakukan hal berikut ini.

Cara hewan yang berkembangbiak secara vegetatif alami melalui 3 jenis, yaitu pertunasan, fragmentasi dan membelah diri.

Penjelasan pertunasan
Pertunasan yang dilakukan pada hewan membentuk individu baru adalah menghasilkan tunas baru yang berasal dari induk. Kemampuan organisme dalam membentuk individu baru akan menyerupai induk sebelumnya.

Contoh hewan berkembangbiak dengan pertunasan terdapat pada hydra, porifera dan coelenterata.

Penjelasan fragmentasi
Fragmentasi adalah cara hewan melakukan perkembangbiakan untuk menghasilkan individu baru dengan teknik memutuskan bagian tubuh mereka sehingga muncul individu baru. Contoh spesies hewan yang melakukan fragmentasi terdapat pada cacing pipih dan cacing pita.

Penjelasan membelah diri
Proses hewan menghasilkan individu baru bisa dengan cara membelah diri menjadi beberapa bagian yang sama. Contoh organisme yang melakukan cara seperti ini terdapat pada amoeba, protozoa, dan paramecium.

Peta perbandingan pada hewan yang melakukan secara Vegetatif secara buatan adalah perkembangbiakan terjadi melalui bantuan manusia.


Bagaimana cara manusia melakukan proses perkembangbiakan secara vegetatif buatan pada hewan?

Cara manusia menjaga habitat dan populasi hewan tidak punah bisa dengan penangkaran spesies hewan tertentu.

Upaya lain yang bisa dilakukan manusia melestarikan hewan agar tidak terancam punah adalah mengali ilmu pengetahuan tentang satwa sehingga lebih memahami kehidupan mereka.

Beberapa contoh lain untuk menjaga hewan tidak punah diantaranya:
  • menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal hewan
  • mencegah kegiatan yang bersifat merusak lingkungan
  • melindungi jenis hewan yang semakin langka

Post a Comment

0 Comments