Header Ads Widget

}

Fakta Anjing Chihuahua yang Perlu Anda Ketahui

Anda kepincut dengan anjing ras mungil seperti Anjing Chihuahua?, hewan peliharaan bertubuh kecil cukup populer dijadikan teman oleh keluarga yang ingin mencarikan untuk sahabat dan penghibur. Anjing Chihuahua sebagai hewan kecil ini, mempunyai banyak keunikan yang perlu Anda ketahui.
pexels.com

Bentuk tubuh kecil, ras Chihuahua tidak boleh dipandang enteng dalam keperibadian dan kepintaranya. Peliharaan tersebut merupakan jenis trah cukup cerdas ketika dilatih dengan tekun, sehingga pengajaran dasar yang diberikan dapat ditingkatkan semakin tinggi.

Cara Merawat Anjing Chihuahua

pexels.com/nishizuka

Cara merawat anjing Chihuahua untuk calon pemiliknya yang ingin memahami lebih banyak informasi terkait dengan ras anjing kecil ini. Ada beberapa tips yang perlu Anda tahu.

Perawatan Harian Anjing Chihuahua


Perawatan anjing Chihuahua dalam hari-hari biasa, mereka perlu diajak berjalan sebentar untuk melepas energi yang tidak tersalurkan selama didapat dari makanan. Namun khusus anak anjing yang masih kecil dan berusia di tahun pertama, kegiatan berjalan dan bermain terlalu lama dapat menguras tenaga, sehingga perlu dihindarkan.

Doglovers tidak perlu banyak waktu jika merasa kerepotan untuk meluangkan waktu, minimal 20 hingga 30 menit per hari sudah cukup untuk ras Chihuahua dewasa.

Trah anjing Chihuahua sebagai hewan kecil, setiap pergerakannya tidak disarankan diajak bermain dan melompat dari tempat tinggi. Ras anjing kecil yang dibiarkan naik turun dengan loncatan lebih dari 0.6 meter, rentan mengalami cidera pada pinggul atau lutut.

Perawatan anjing Chihuahua yang lebih tua hampir sama dengan dewasa dengan menambahkan area yang rata dan landa untuk mencegah cidera dan menjaga kenyamanan.

Penempatan Anjing Chihuahua


Anjing Chihuahua memiliki kesamaan seperti ras mungil lainnya yang tidak tahan panas dan suhu dingin. Penempatan kandang dan lokasi bermain saat bermain, perlu memperhatikan sinar matahari dan kemungkinan air hujan yang turun langsung mengenai tubuhnya.

Beberapa ras Chihuahua bisa mengalami sensitif cukup tinggi pada musim tertentu, sehingga penyayang hewan perlu membersihkan bagian kaki setelah bermain di area terbuka seperti rerumputan.

Anjing Chihuahua dapat diajak bermain saat musim salju jika Anda menginginkan. Waktu yang tepat perlu dibatasi maksimal 20 menit untuk menjaga suhu badan tetap sehat. Bermain di luar rumah bersama hewan kesayangan tersebut, dapat diantisipasi dengan solusi penggunaan sepatu khusus anjing yang sesuai dengan ukuran mereka.

Cara Merawat Bulu Anjing Chihuahua

pexels.com

Cara merawat bulu anjing Chihuahua menjadi bagian yang penting dan tidak boleh disepelekan pemiliknya. Seekor ras Chihuahua yang tidak mendapat perawatan benar, beberapa bagian seperti kuku dan bulu dapat tertempel benda halus dan kemungkinan pertumbuhan jamur dan bakteri.

Cara perawatan umum lain seperti telinga dan kuku hingga cakar dalam pemeriksaan terjadwal, dapat mencegah resiko infeksi dan terdapatnya tungau di organ tubuh.

Cara Memandikan Anjing Chihuahua

Pemilik anjing Chihuahua yang sudah lama merawat, mungkin sudah akrab dengan cara memandikan hewannya. Hal ini akan berbeda jika seseorang pertama kali memelihara anjing lucu tersebut.

Pemilik anjing Chihuahua yang pertama kali merawatnya, sebagian masih belum tahu usia yang pantas untuk mulai memandikan mereka. Ketidaktahuan pemiliknya, dapat beresiko masalah kulit kering jika terlalu sering dimandikan.

Seekor Chihuahua yang masih kecil, saat dilahirkan dengan usia 7 hingga 8 minggu, perlu dijaga kebersihannya. Umumnya, induk dapat membantu menjaga kebersihan mereka, namun pemilik hewan yang akan memandikan mereka, disarankan sudah berusia lebih 8 minggu dengan penggunaan air yang minimal.

Pastikan untuk menjaga permukaan berikut tetap kering saat Anda memandikan anjing Chihuahua, seperti bagian telingga dan hindari menyemprotkan atau menyiram langsung bagian wajah.

Pemilik anjing Chihuahua yang baru pertama kali merawat, dapat menggunakan jasa layanan profesional untuk memandikan mereka di wilayah terdekat sekitar Anda.

Cara Melatih Anjing Chihuahua

Cara melatih anjing Chihuahua merupakan hal penting yang tak boleh dilupakan. Ras ini dapat menjalani pelatihan di rumah dengan membaca petunjuk dan instruksi yang bisa Anda dapat di berbagai situs.

Usia yang disarankan untuk memulai latihan untuk anjing Chihuahua, dapat dimulai di minggu ke 3 hingga ke 4 sejak dilahirkan.

Dalam usia ini, mereka hanya dilatih jenis pelatihan dasar untuk pengenalan ruangan. Sehingga mereka dapat mengetahui tempat yang boleh digunakan untuk bermain dan wilayah yang tidak boleh berada, seperti kawasan lepas di luar rumah.



Post a Comment

0 Comments