Header Ads Widget

}

Arti Bahasa Tubuh Gerakan Ekor Anjing Sebagai Respon Terhadap Lingkungan

Pernah bertemu anjing dan Anda melihat mereka mengibas ekornya? Sebagian besar penyayang hewan anjing yang terbiasa dengan pengamatan dan memelihara anjing sebagai hewan peliharaan, pasti akan melihat respon tubuh anjing melalui gerakan ekor mereka.
pxhere.com

Bahasa yang berbeda secara visual antara manusia dan hewan, namun bukan halangan yang besar untuk mengetahui isi hati mereka. Anjing dan hewan peliharaan yang mampu memberi respon dengan bahasa tubuh, selalu unik dan menawan untuk Anda ketahui.

Banyak bahasa tubuh yang dipelajari ahli hewan untuk mengungkapkan sedikit cerita tentang hewan. Dalam dunia psikologis, makhluk hidup dimungkinkan mengekspresikan emosi secara tak disadari. Hewan peliharaan yang Anda rawat di rumah pun memiliki kesamaan meluapkan emosi mereka.

Bahasa Tubuh Dari Ekor Anjing

doghealth.com

Salah satu tubuh anjing yang jujur memberi respon terhadap lingkungan adalah ekornya. Dari ekor anjing yang terlihat, berbagai informasi yang menjadi pikiran dan emosi hewan dapat diartikan.

Beberapa gerakan ekor anjing yang biasa pemilik lihat seperti: ekor terangkat tinggi dan tegang, ekor naik ke atas dengan gerak menggoyang, ekor turun di antara kaki dan ada banyak arti ekor yang menarik lainnya.


  • Ekor terangkat tinggi dan mengeras menunjukkan kewaspadaan dan keinginan untuk dominasi.
  • Ekor yang naik  tinggi dan bergoyang menunjukkan kebahagiaan tetapi juga kondisi kewaspadaan. Watak anjing tersebut penuh energi yang sangat bersemangat tetapi menunjukkan dominasi.
  • Ekor di antara kedua kaki menunjukkan rasa takut atau tunduk.
  • Ekor yang ditegakkan langsung berarti anjing menerima informasi baru dan sejauh ini merespons dengan netral.


Respon lainnya seekor anjing dengan ekor tidak selalu tegak lurus, ekor anjing dapat mengibas ke arah tertentu. Umumnya kibasan ekor anjing ini perlu didukung bahasa tubuh mereka yang lain, seperti telinga.


  • Ekor anjing mengibas lemah menunjukkan minat yang kurang antusias.
  • Ekor mengibas dengan cepat menandakan anjing sedang bahagia.
  • Kibasan ekor cenderung ke kiri, anjing ingin menunjukkan sikap dominasi terhadap makhluk lain atau manusia asing yang tidak dikenal.
  • Kibasan ekor cenderung ke kanan, anjing memperlihatkan respon senang bertemu dengan makhluk lain atau orang asing yang baru dikenalnya.


Ada banyak arti dari bahasa tubuh ekor anjing. Beberapa jenis ras anjing bisa saja mengartikan emosi mereka berbeda dengan hewan peliharaan lainnya. Bahasa tubuh ekor anjing dapat dipahami oleh pemiliknya dan ini menandakan Anda yang ingin mendekat ke anjing baru dikenal, perlu mendapatkan sinyal dari pemiliknya untuk tahu respon  sebenarnya dari anjing tersebut.

Post a Comment

0 Comments