Header Ads Widget

}

Kelebihan Anjing Kampung dan Ciri yang Menonjol

Panggilan anjing kampung tak begitu jelas kapan mulai digunakan dipakai ke hewan gukguk, saat melakukan penelusuran catatan digital yang bertebaran di mesin pencarian Google, sudah cukup banyak tulisan yang mengulas tentang anjing kampung menerangkan sejarahnya namun tidak mengungkap secara pasti sebutan tersebut.

Kelebihan anjing kampung


Secara umum definisi anjing kampung yang berhasil dikumpulkan menerangkan, ras tersebut muncul dari persilangan campuran ras yang sulit untuk diketahui nenek moyangnya.

Sebagian tulisan tentang anjing kampung menduga ras ini berasal hewan yang terlantar dan tak dirawat lagi pemilik karena alasan tertentu, pada akhir ceritanya hidup bebas mandiri di lingkungan masyarakat.

Keengganan calon adopter merawat anjing kampung tidak begitu jelas juga apakah karena mantel bulu mereka tak seindah anjing ras, badannya yang cenderung standar sehingga kurang lucu atau menakutkan. Namun fakta trah anjing dengan spesifikasi tertentu lebih banyak diminati adopter dan pecinta hewan.

Menurut pendapat pribadi saya, ras anjing kampung tidak kalah hebatnya dengan ras anjing yang banyak dibanggakan oleh sebagian besar masyarakat.

Dari beberapa anjing dalam perawatan dan pemeliharaan, setiap ras anjing tertentu sudah dikaruniakan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Misalnya sebutan anjing jenis kampung seolah negatif didengar telinga akan lebih indah dengan panggilan anjing domestik.

Ini kelebihan anjing domestik (kampung) yang tidak dimiliki anjing ras murni (asli)
biaya perawatan ras domestik jauh lebih murah. Anda bisa membandingkan biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengadopsi, membeli pakan makanan, konsultasi dan pengobatan ke dokter hewan sampai ke urusan vaksinasi dan keperluan medis lainnya.

Harga ras anjing asli-murni jelas akan berbeda saat mereka sakit dan memerlukan tindakan medis untuk penyembuhan penyakit.

Selain itu kelebihan anjing domestik adalah daya tahan tubuh mereka sangat baik.

Kehidupan nenek moyang ras anjing domestik dalam habitat alam liar dan penuh tantangan bersaing dengan hewan lain.

Selain dari semua kelebihan yang disebutkan, hal yang terpenting lainnya adalah cara merawat anjing domestik lebih mudah dan mereka tidak rewel.

Sejarah anjing domestik

(Sumber :anjingkeluarga.wordpress.com)

Sejarah anjing domestik sangat panjang yang mengalami evolusi cukup besar dari nenek moyang mereka sebelumnya. Ras lokal ini salah satu ras yang mempunyai kaitan dengan serigala dan kelompok berciri warna keabuan.

Untuk melihat perbedaan genetik anjing dan serigala sudah terjadi antara 40.000 - 20.000 tahun lalu.

Semakin banyak Anda membaca sejarah anjing domestik mengalami perubahan genetik melalui evolusi pada jaman lampau, menyimpulkan ras ini tidak begitu jelek seperti bayangan masyarakat selama ini.

Dikutip dari drlawrenceblair.com sebagai pakar antropolog asal Inggris yang gemar menjelajah tempat di Indonesia dan masuk sekitar tahun 1970 an bersama rekannya tiba di Bali sering menjadi pembicara menerangkan masyarakat dan kebudayaan Indonesia. Ia tak segan memuji anjing Bali yang banyak dipelihara masyarakat setempat sehingga asal usul mereka masih bisa dipertanggungjawabkan sebagai ras murni.

Sumber

Minat yang cukup tinggi dalam masyarakat pada ras anjing tertentu untuk dirawat bukan suatu yang salah dan sangat positif selama memperlakukan dengan baik. Namun pecinta hewan khususnya anjing sangat disayangkan jika masih memandang rendah anjing lokal sehingga kedatangannya saja sudah mendapat perlakuan buruk oleh segelintir masyarakat.

Banyak peristiwa menyedihkan tentang anjing lokal yang mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dan perlakuan buruk lainnya saat tidak di peliharaan dengan baik.

Untuk mendapatkan makanan mengisi perut lapar mereka dengan mengais sampah bahkan diperlakukan tidak manusiawi. Nasibnya sangat berbeda dengan ras yang di rawat dalam rumah menerima jatah makanan berkualitas tinggi, main bersama anggota keluarga dan hewan lain sampai urusan sakit pun tidak jarang rela mengeluarkan banyak uang.

Post a Comment

0 Comments