Header Ads Widget

}

Apakah Anjing Betina bisa Haid?

Pengetahuan dasar merawat hewan peliharaan dalam rumah sangat perlu diketahui calon majikan dam anggota keluarga lain. Misalnya saat membeli atau adopsi anjing betina, mungkin mengalami sesuatu pada hewan tersebut yang sebenarnya terjadi secara normal. Contoh yang paling mudah adalah saat anjing betina bisa haid.


Anjing betina bisa haid


Pecinta hewan yang terbiasa memelihara anjing, baik jantan atau betina pada umumnya memahami periode loop mereka. Setelah usia dewasa dan matang sudah siap, betina bisa mendapat menstruasi. Sebutan populer di kalangan pecinta hewan anjing adalah periode loop atau istilah lainnya siklus estrus.

Masyarakat umum lazim mengenal periode tersebut dengan masa kawin hewan, atau disebut juga dalam siklus panas.

Anjing betina bisa haid setelah masuk pubertas antara umur 6 bulan. Tak ada umur pasti untuk setiap anjing betina. Rata-rata kematangan mereka pengaruh dari ras, genetik dan berat badan. Anjing bertubuh kecil lebih cepat dewasa dibanding dengan anjing tubuh besar. Waktu yang diperlukan anjing betina badan besar umumnya lebih dari setahun mengalami masa loop pertama.

Perbedaan haid manusia dengan anjing


Ada pertanyaan tentang periode haid anjing betina apa sama seperti dengan manusia?

Manusia dan anjing memiliki cara yang berbeda saat haid. Pada hewan tersebut akan mengeluarkan cairan kemerahan yang berasal dari siklus reproduksi.

Selain itu perbedaan lainnya adalah waktu. Manusia rata-rata mengalami setiap bulan, sedangkan anjing betina 2 kali untuk setiap tahunnya. Pada beberapa ras yang berbeda dimungkinkan terjadi setiap 3-4 bulan.

Periode anjing betina bisa haid berlangsung berulang selama mereka belum di steril.

Ciri-ciri anjing haid


Masa loop yang terjadi pada anjing betina punya ciri-ciri yang bisa dikenali. Beberapa tanda tersebut seperti
:
  • alat reproduksi terlihat bengkak atau membesar hingga 3-4 dari ukuran normal mereka.
  • keluarnya cairan merah dari alat reproduksi namun tak sebanyak seperti manusia
  • perilaku hewan seolah selalu membersihkan alat reproduksi
  • masa haid anjing betina dewasa rata-rata berlangsung sekitar 2-3 minggu dan berada dalam masa subur yang baik di hari ke 11-15

Karakter anjing saat loop


Majikan atau anggota keluarga di rumah perlu juga tahu karakter yang bisa terjadi pada anjing betina yang haid (loop). Dengan pengenalan dasar perubahan karakter mereka inilah ada antisipasi dan pencegahan pada sesuatu yang tak diinginkan.

Karakter anjing betina selama haid adalah:
  • keadaan hati yang mudah marah
  • banyak anjing jantan berusaha mendekati betina
  • bentuk ekor anjing betina saat loop akan terselip
  • beberapa anjing betina sedang loop bisa menurun selera makannya

Apakah anjing sedang haid (loop) boleh dimandikan?

Untuk membersihkan anjing betina yang mengalami loop, sebenarnya dilihat dari situasi dan kondisi dari badan mereka, apakah kotor atau ada aroma bau?

Jika dianggap tidak kotor dan berada dalam jadwal memandikan mereka, maka bisa ditunda sementara waktu hingga selesai.

Kasus yang berbeda jika badan mereka bau atau kotor karena tumpahan zat rumah tangga hingga kotoran dari luar, memandikan mereka masih boleh-boleh saja.

Jika Anda ragu memandikan anjing sedang loop, mintalah saran peternak profesional atau petunjuk dokter hewan saat melakukan kunjungan pemeriksaan kesehatan disana.

Apakah anjing betina sedang loop perlu makanan khusus?

Umumnya anjing betina yang haid sebagian besar bisa mengonsumsi makanan yang tersaji seperti biasa Anda berikan. Namun pertimbangan khusus dan lebih spesifik untuk pemilik hewan peliharaan yang menginginkan tumbuh kembang anak anjing nanti lebih sehat, biasanya induk anjing mendapat tambahan vitamin, gizi dan zat penting lain.

Pemberian vitamin, gizi atau apapun untuk anjing tersebut, sebaiknya berdasarkan saran dan rekomendasi dokter hewan. Dosis atau takaran manusia dengan anjing yang haid dan mengharapkan keturunan, tidak sama.

Kapan waktu tepat anjing betina hamil?

Meski anjing betina mulai haid pertama dan bisa mempunyai anak setelah bercampur dengan anjing jantan. Ada usia yang dianggap paling tepat bagi mereka untuk melahirkan anak.

Ras anjing mulai dianggap dewasa setelah masuk 1 tahun pertama dan sebaiknya kelahiran anak anjing direncanakan pada usia 2 tahun.

Beberapa kejadian anjing yang terlalu muda melahirkan anak, kadang-kadang enggan menyusui anakan mereka karena alasan tertentu.

Persiapan lain yang dibutuhkan Anda jika menginginkan keturunan dari anjing betina tersebut adalah sudah di vaksin, sudah makan obat cacing, memberikan vitamin D, Vitamin E, Kalsium yang disarankan dosisnya oleh dokter hewan.

Jangan lupa memeriksa anjing betina yang sudah hamil ke dokter hewan supaya kelahiran mereka berjalan lancar dan memperoleh anak yang sehat.

Sumber foto: Pxhere.com

Post a Comment

0 Comments