Header Ads Widget

}

Perbedaan Kucing Ras dengan Kucing Kampung

Ini perbedaan kucing ras dengan kucing kampung yang masih sedikit yang tahu. Sebuah pertanyaan tentang kucing muncul manakala seseorang yang ingin mengadopsi hewan menjadi peliharaan masih bingung perbedaan kucing ras dengan jenis lainnya.

Bisa jadi pertanyaan ini muncul karena beberapa sebab, yang menurut Anda terdengar mungkin lucu dan kurang berbobot untuk ditanyakan. Mungkin juga ada yang menilai pertanyaan soal beda kucing ras dengan kucing lokal sangat bermanfaat, khusus mereka yang masih sulit membedakan antara mereka secara nyata.

Kucing kampung atau hewan mengeong yang banyak terlihat di lingkungan sekitar, pada umumnya satwa yang sering dimaksudkan. Meski definisi kucing kampung tidak secara keseluruhan seperti penjelasan tadi, spesifikasi yang lebih jelas untuk melihat pengelompokan mereka, biasanya memiliki identitas yang diakui oleh organisasi atau asosiasi yang berkecimpung pengurusan kucing.

Di Indonesia, sekitar 3 asosiasi-lembaga atau istilah yang mirip-mirip untuk kebutuhan pecinta kucing yang populer seperti Indonesian Cat Association (ICA), Cat Fancy Indonesia (FCI) dan Cat Fanciers' Society of Indonesia.

Sebagian besar visi dan misi dari 3 asosiasi yang membidangi hewan kucing di Indonesia berkaitan dengan kesejahteraan dan kesehatan kucing.

Misalnya mengeluarkan surat kelahiran untuk kucing spesifik dengan tanda sertifikat atau metode lain.

Sementara kucing lokal, kucing kampung dan ras mixdome lain biasanya tidak diikutsertakan oleh pemilik (jika dirawat manusia) mendapatkan surat sertifikat identitas tersebut. Pada beberapa kucing lokal sebagian besar juga kurang diperhatikan pemiliknya jika sakit, tidak diberikan vaksinasi lengkap, dibiarkan berkeliaran di luar rumah tanpa pengawasan dan beberapa contoh lain yang bisa berbeda-beda.

Beda kucing ras murni dengan kucing lokal



  • Perlakuan
  • Perawatan
  • Makanan
  • Mantel bulu
  • Daya tahan tubuh terhadap penyakit
  • Kegiatan harian kucing


Perlakuan


Pernah ga Anda merasa perbedaan perlakuan yang diberikan kepada kucing kampung dengan ras murni atau asli?

Mungkin perbedaan perlakuan tersebut tidak berasal dari Anda, bisa jadi Anda melihat respon manusia di lingkungan kepada mereka.

Kucing lokal yang memiliki pemilik atau yang benar-benar hidup bebas sekitar manusia tanpa ada pemilik, sering dianggap suka mengambil makanan tanpa sepengetahuan yang punyanya, atau di usir untuk menjauh rumah karena dikenal suka pup sembarangan atau menggaruk jok motor menjadi baret dan bolong.

Perawatan


Bicara perbedaan kucing kampung dengan ras murni maka cara perawatan mereka akan terlihat berbeda. Jika pemilik kucing kampung cenderung memberi perawatan ala kadarnya saat sakit atau terluka, sementara kucing ras tidak bisa demikian.

Kemudahan perawatan kucing kampung dibanding dengan ras asli bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat hewan mixdome dan lokal atau justru membuat mereka kurang diminati, hal tersebut dikembalikan pada penilaian masing-masing.

Kucing ras murni tidak boleh dirawat sembarangan karena memiliki kebutuhan berbeda secara spesifik. Misalnya mengetahui aturan cara membersihkan badan kucing yang benar, memilih jenis makanan yang cocok, memberi waktu untuk menyisir mantel bulunya sampai pada kebutuhan kandang serta mainan.

Makanan


Perbedaan kucing breeder dengan lokal sempat diungkapkan pada jenis makanan. Jika kucing ras murni lebih cenderung makan makanan berkualitas tinggi, sedangkan kucing kampung lebih mudah makan tanpa menyebabkan masalah kesehatan.

Kucing mixdome hingga jenis lokal biasanya tidak terlalu memilih dan rewel soal makanan.


Mantel bulu

Mantel bulu kucing ras asli dengan lokal bisa dijadikan perbedaan juga. Biasanya kucing ras dipilih karena lucu dan memiliki tekstur bulu yang halus dan menawan. Hal lain yang terdapat pada mantel bulu tersebut, kucing lokal cenderung berbulu pendek.


Daya tahan tubuh terhadap penyakit


Daya tahan tubuh kucing ras dengan kucing kampung ada perbedaan yang cukup jelas. Umumnya kucing lokal yang terbiasa hidup bebas berkeliaran lebih tahan pada penyakit tertentu dan memiliki aktivitas cukup sibuk keluyuran di luar rumah.

Berbeda dengan kucing ras asli yang dominan tinggal dalam rumah, biasanya lebih malas dan senang tiduran jika tidak sedang bermain dengan mainan atau anggota keluarga.


Kegiatan harian kucing


Sebagai ras lokal, kucing kampung lebih sering keluar rumah untuk bermain, mencari makan atau berinteraksi dengan hewan lain. Kegiatan harian masing-masing terlihat berbeda jika melihat kucing ras asli lebih senang tidur dan bermain di dalam rumah.

Secara keseluruhan kucing memiliki sifat mandiri secara alamiah dari nenek moyang mereka sebelumnya. Proses persilangan dan evolusi genetik pada kucing yang lebih spesifik karena pengaruh lingkungan atau pemilihan sifat oleh peternak, muncul beberapa perbedaan pada ras asli, domestik, hibrida, dan jenis lokal.

Post a Comment

0 Comments