Header Ads Widget

}

Mata kucing menjadi merah, apakah hewan peliharaan sakit?

Kucing hewan yang bisa sakit seperti manusia. Gangguan kesehatan yang cukup lazim dialami mereka ketika matanya menjadi kemerahan. Majikan yang merawat kucing, mungkin menemukan tanda tersebut secara mendadak. Mata kucing merah dapat terjadi karena beberapa sebab, seperti trauma, alergi, iritasi, infeksi sampai kepada dugaan penyakit spesifik.

Tanda mata kucing berubah merah dari warna normal sebelumnya, sebagian besar karena trauma benturan di bagian wajah. Hewan peliharaan tersebut memiliki kemungkinan lain seperti terjadi pada sebagian besar ras kucing lainnya, masalah alergi dan iritasi.

Mata kucing merah sebagai tanda penyakit lain

mata kucing merah indikasi kemungkinan penyakit lain

Terjadinya perubahan warna mata kucing kemerahan dan tidak ditangani segera dengan pengobatan, dapat mendorong masalah kesehatan yang lebih serius pada diri mereka. Pengaruh mata kucing merah pada waktu terus berjalan, rentan membuat kerusakan yang makin hebat terhadap jaringan dan struktur mata hingga kebutaan.

Gejala mata kucing merah bukan penyakit utama yang dialaminya, hewan peliharaan tersebut mengalami perubahan warna mata menjadi tidak biasa, karena indikasi kemungkinan cedera di bagian satu atau dua mata yang memerlukan pemeriksaan dokter hewan.

Gejala mata kucing merah dan tanda lain

Gejala mata kucing merah

Seperti yang kita ketahui, merahnya mata kucing adalah tanda permulaan mereka terserang penyakit yang lain. Gejala mata kucing menjadi merah dapat timbul dengan indikasi lainnya, seperti:

  1. mata menjadi bengkak
  2. keluar air mata berlebihan yang bisa berwarna putih, kuning atau hijau
  3. terdapat luka pada wajah dan area mata
  4. perilaku kucing menjadi sering menggosok matanya
  5. masalah yang lebih serius, kucing tidak bisa membuka kelopak mata
  6. gangguan penglihatan dengan tanda sulit bergerak lincah


Penyebab mata kucing merah perlu diketahui sumber utamanya. Hewan peliharaan tersebut kemungkinan menerima dan mengalami seperti luka, tergigit, alergi, paparan debu, dan menghirup serbuk sari.

Ras kucing peliharaan yang jarang keluar dari rumah, memiliki resiko yang sama mengalami mata merah karena pengaruh asap rokok dalam ruangan, aroma parfum dan kemungkinan penyegar ruangan tidak cocok untuk mereka.

Cara merawat kucing ketika matanya merah

cara merawat kucing sakit

Cara merawat kucing sakit dengan tanda merah di bagian mata, tidak dapat melakukan secara rata-rata. Majikan perlu mencari penyebab yang menjadi alasan mata kucing menjadi merah. Misalnya, mata kucing kemerahan jika masalah alergi dan iritasi, kemungkinan terjadi karena desain dan penempatan kucing kurang tepat, sehingga memerlukan sedikit perubahan menjauhkan hewan peliharaan bebas dari alergi dan iritasi.

Contoh lainnya ketika mata hewan peliharaan merah karena genetik dalam struktur tubuhnya , trauma, hingga infeksi virus dan bakteri, pengobatan menjadi solusi yang paling tepat dengan kunjungan ke dokter hewan.

Mata kucing menjadi merah sangat jelas mengindikasikan mereka memiliki masalah terhadap lingkungan yang tidak sesuai, iritasi, trauma dan kemungkinan penyakit lain. Gejala tersebut juga memberi penjelasan awal bahwa hewan peliharaan beresiko terserang sakit dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, kunjungan ke dokter hewan sesegera mungkin akan bermanfaat mempercepat proses pemulihan kesehatannya sekaligus mencegah bahaya lain tidak menjadi lebih fatal