Header Ads Widget

}

Cara Meningkatkan Selera Makan Anjing

Makanan yang dikonsumsi secara teratur sangat penting menjaga stabilitas kalori, vitamin dan nutrisi agar selalu cukup. Dari pakan makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi, hewan peliharaan seperti anjing dapat aktif bergerak tanpa kendala gangguan kesehatan.

(Sumber kompasiana.com)

Cara merawat anjing yang baik selain menjaga kebersihan kandang, perawatan grooming hingga keperluan lainnya, selera makan anjing ketika menurun dan tidak diatasi dengan benar, dapat menyebabkan mereka makin kurus.

Untuk itulah, ketika hewan peliharaan tersebut mengalami selera makan buruk, pemiliknya perlu menemukan cara efektif meningkatkan selera makan anjing agar kembali normal.

Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan


Menurunnya selera makan anjing bisa menimbulkan rasa khawatir pemiliknya. Ada banyak penyebab yang bisa membuat mereka menjadi malas makan.

Beberapa penyebab anjing tidak mau makan, diantaranya:

- kemungkinan mereka hidup sendirian tanpa hewan sejenisnya sehingga tidak memiliki persaingan yang sehat untuk makan

Cara mengatasinya jika anjing yang dirawat sendirian tanpa teman, cara meningkatkan selera makan anjing dapat mengadopsi anjing dengan ukuran tubuh, sifat dan karakter yang mirip.

- kemungkinan anjing sakit dapat membuat mereka tidak mau makan. Seperti dikutip dari kompasiana.com menjelaskan, anjing sakit menunjukkan gejala bermacam-macam.

Mulai dari bentuk kotoran yang tidak normal , perilaku berubah menjadi tidak bisa malas bergerak hingga selera makan yang menurun.

Beberapa kemungkinan jenis penyakit yang memiliki pengaruh terhadap nafsu makan anjing menurun, seperti kanker, infeksi dari kuman, virus, bakteri, sakit gigi, gangguan hati dan gagal ginjal.

Cara meningkatkan selera makan anjing karena penyakit, sebaiknya membawa mereka ke dokter hewan untuk memastikan kondisi kesehatannya.

- kemungkinan pola makan anjing yang tidak tepat. Jadwal pemberian makanan secara tepat sangat berpengaruh pada nafsu makan mereka. Kadangkala anjing yang terlalu di manja berupa hadiah camilan dan pemberian makanan ringan yang direkomendasikan dokter hewan, ketika diberikan di saat dan waktu yang tidak pas, dapat menganggu ritme makan mereka.

Cara meningkatkan selera makan anjing jika bermasalah dengan pola makannya, ajaklah bicara dengan baik-baik bersama anggota keluarga lain perihal waktu memberi camilan dan jenis makanan sebelum beberapa jam mereka makan.

- kemungkinan anjing merasa tidak nyaman makan di tempat sekarang. Umumnya hewan peliharaan maupun yang hidup bebas akan memilih lokasi makan yang aman dan nyaman.

Ketika hewan yang dirawat dan dipelihara dalam rumah mengalami perubahan desain secara besar-besaran, kemungkinan dapat menyebabkan anjing tidak mau makan, jika akses tempat makanan sangat sulit di jangkau, seperti terlalu sempit atau terlalu tinggi.

- kemungkinan mereka kecapean dapat membuat anjing tidak mau makan. Perjalanan yang dilakukan pemilik berkendaraan dalam tempo yang panjang, beberapa jenis anjing dapat merasa mabuk dan mual sehingga menolak makan.

Cara mengatasi anjing tidak mau makan akibat kecapean adalah memberi waktu istirahat beberapa jam untuknya, sebelum masuk jadwal makan.

Penyebab dan cara mengatasi anjing tidak mau makan berbeda-beda disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dialaminya.

Cara meningkatkan nafsu makan anjing yang menurun jika menggunakan obat, suplemen atau vitamin manusia, harus dikonsultasikan terlebih dulu ke dokter hewan untuk alasan keamanan jangka panjang.

Meski suplemen dan vitamin tertentu aman dikonsumsi manusia, kadar dan takaran tersebut tidak bisa digunakan pada hewan seperti anjing dan kucing, jika belum mendapat rekomendasi ahli kesehatan hewan.

Cara Meningkatkan Selera Makan Anjing


Ada beberapa alternatif yang bisa dipakai majikan ketika anjing tidak mau makan. Cara menambah selera makan tersebut selain memperhatikan akses yang lebih mudah, lingkungan penempatan makan yang aman, membebaskan gangguan dari luar selama sedang makan dan cara lain yang disesuaikan dari penyebab utamanya.

Cara merawat anjing sembarangan juga mempengaruhi kondisi mereka jika tidak terawat. Misalnya mengabaikan jadwal pemberian obat cacing khusus hewan yang diberikan dokter hewan, mengganti pakan dog food secara tiba-tiba.

Cara mengatasi anjing tidak mau makan yang paling penting lagi menemukan sumber utama yang menyebabkan mereka berubah, sehingga tidak terulang lagi. Selain itu, cara merawat anjing terhadap kebutuhan lain seperti interaksi bersama mereka melalui kegiatan bermain, olahraga bersama.



Post a Comment

0 Comments