Header Ads Widget

}

Budidaya Tanaman Stroberi Dengan Berkembang Biak yang Tepat

Pengenalan Umum tentang Stroberi

Budidaya tanaman stroberi dikenal masyarakat luas sebagai tumbuhan berbunga yang menghasilkan buah untuk dikonsumsi. Jika kita mengenal tanaman tersebut dengan panggilan populer stroberi. Di dunia ada lebih dari 20 spesies genus tumbuhan berbunga sebagai keluarga mawar, Rosaceae.
Sumber Pixabay


Klasifikasi Taksonomi 

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Rosales
  • Famili: Rosaceae
  • Subfamili: Rosoideae
  • Bangsa: Potentilleae
  • Subbangsa: Fragariinae[1]
  • Genus: Fragaria

Manfaat stroberi

Tumbuhan berbunga stroberi sebagian besar populer sebagai buah yang memberi sensasi segar yang bercampur dengan rasa asam dalam hidangan menu atau dikonsumsi secara langsung.

Manfaat stroberi sebagai buah ketika menjadi menu makanan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dengan quercetin, ellagic acid, antosianin, dan kaempferol.

Zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko pada beberapa penyakit kanker, memiliki nilai tambah lain bagi individu yang menjalankan program diet yang efektif.

Beberapa manfaat lain dari stroberi pada dunia modern telah dipakai untuk perawatan kecantikan, menyembuhkan jerawat, menghaluskan kulit hingga membuat tampilan gigi lebih berwarna putih.

Budidaya stroberi sebagai tanaman buah

Sumber Pisabay/congerdesign

Budidaya tanaman buah stroberi di kalangan masyarakat semakin terkenal untuk menyalurkan hobi berkebun atau mendapat manfaat yang lebih luas menambah pemasukan saat masa panen.

Jika Anda salah satu pemilik tumbuhan stroberi yang menginginkan budidaya stroberi bisa berkembangbiak secara cepat dan efektif. Ada baiknya mengenali beberapa syarat yang diperlukan mengembangbiakkan tanaman buah tersebut.

Cara budidaya tanaman stroberi
  • Lokasi dengan curah hujan sekitar 600-700 mm/tahun
  • mendapatkan tempat dalam dataran tinggi yang temperatur sekitar 17-20 derajat C dan kelembapan udara sekitar 80-90 persen
  • menggunakan tanam jenis bahan organik yang subur ditambah tata kelola air 
  • memilih bibit unggulan yang tepat dan sesuai luas tanah yang dipakai agar tidak terlalu banyak ditanam
  • memperbanyak bibit stroberi secara vegatif
  • menjaga buah stroberi dari hama, kutu daun dan penyakit pada tanaman berbunga tersebut.

Cara Perkembangbiakan Stroberi

stroberi berkembangbiak dengan cara
Sumber Pixabay/szjeno09190

Cara stroberi berkembang biak dengan cara vegetatif terbagi 2 metode yang bisa digunakan oleh Anda.
1.Meningkatkan populasi buah stroberi dengan pembibitan anakan
2.Meningkatkan populasi buah stroberi dengan pembibitan stolon.

Dilansir situs pertanian.go.id untuk memahami pedoman budidaya tanaman stroberi. Proses pembenihan stroberi dapat diperbanyak melalui biji dan benih vegetatif (anakan, stolon atau akar sulur).

Cara menyiapkan benih anakan Untuk benih anakan rumpun dibongkar dengan cangkul, tanaman induk dibagi menjadi beberapa bagian yang sedikitnya mengandung 1 anakan. Sedangkan untuk benih stolon rumpun yang dipilih telah memiliki akar sulur pertama dan kedua. 

Stolon ditanam dalam polybag atau plastik hingga daun mencapai 3 lembar dan penampakan segar (kurang lebih 1 bulan), setelah itu potong dan stolon siap ditanam. Perbanyakan vegetatif lebih baik melalui stolon daripada anakan. Stolon mampu menghasilkan klon tanaman induk, sehingga memungkinkan tanaman untuk tumbuh di tanah dengan mudah.

Beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menambah bibit tanaman stroberi dapat melalui cara In Vitro dan penanaman di lapang.

Jika ingin menanam stroberi sebagai tanaman budidaya yang menghasilkan adalah memperhatikan ketepatan jumlah benih pada tiap hektar tanah, yakni 40.000-50.000 disesuaikan jenis varietas dan jarak tanam.

Terima kasih kk sudah membaca tulisan sederhana ini. Jika artikel dunia hewan bermanfaat, jangan lupa juga dibagikan ke teman yang membutuhkan informasi ini. Indahnya berbagi....

Post a Comment

0 Comments