Header Ads Widget

}

Memandikan Kucing dengan Sampo manusia, bolehkah?

Memandikan hewan peliharaan seperti kucing jarang dilakukan. Selain kucing sering menjaga kebersihan tubuhnya sendiri, ia juga sosok yang paling tidak suka jika berada di dalam air.

Bolehkan kucing mandi dengan Sampo manusia?
unsplash.com/@joseignaciopompe

Ketika Anda berencana memandikan kucing dengan sabun untuk membersihkan bau badan atau kotoran yang banyak menempel di tubuhnya, hal ini tidak bisa ditunda berlama-lama.

Memandikan kucing bagi pemilik bisa menjadi pengalaman yang menarik. Ada beberapa cara pemula yang mungkin bisa Anda gunakan, seperti:

1. Sampo khusus kucing

Memandikan kucing disarankan dengan sampo khusus
pexels.com/@burst

Memandikan kucing dengan memandikan manusia tidak sama. Hewan peliharaan ini memerlukan sampo yang khusus yang biasanya tersedia di pet shop atau dokter hewan.

Muncul pertanyaan yang menanyakan jika kucing dimandikan dengan sampo manusia, apakah boleh?

Penggunaan sampo manusia yang digunakan untuk kucing, bukan kepada boleh atau tidaknya, melainkan cocok atau tidaknya.

Sampo khusus kucing biasanya lebih ringan tanpa menggunakan bahan kimia atau pengharum. Tidak cocok sampo untuk manusia digunakan pada kucing, karena ada perbedaan untuk kulit dan bulu mantelnya yang diukur dengan tingkat pH.


Selain sampo kucing, siapkan pendukung lain
pexels.com/@pixabay

Wadah yang akan digunakan memandikan kucing sangat baik jika menggunakan yang besar atau di bak mandi. Jangan lupa juga, tambahkan bahan anti licin atau anti selip untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Air yang akan digunakan memandikan kucing adalah air hangat.

3. Tanda kucing takut mandi

Tanda kucing takut mandi
unsplash.com/@chzenan

Saat Anda mengangkat kucing untuk dimandikan. Ada sebagian kucing yang sangat ketakutan melihat air. Ia dapat menunjukkan respon marah atau mungkin saja akan menggigit. Oleh karena itu, kucing perlu di vaksinasi untuk mencegah penularan infeksi. Sehingga, jika kucing sudah divaksin, paling top hanya luka gigit saja tanpa membuat pemilik menderita akibat infeksi.

4. Dari atas ke bawah

Panduan membersihkan badan kucing
unsplash.com/@shabnam

Saat membalur sampo ke tubuh kucing, oleskan sampo jangan berlebihan sehingga tidak menyebabkan busa sangat banyak. Bagian yang paling atas yang pertama dibersihkan dengan sampo lalu lanjut menurun kebagian tubuh yang lainnya.

Saat membersihkan kucing dengan mandi sampo, Anda perlu memastikan tidak tertinggal di mata dan bagian muka.

Setelah dibilas dengan air hangat, jangan lupa untuk menghindari menyiram mata dan telinga bagian dalam. Selanjutnya, kucing biasanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk membersihkan sisa air yang masih ada di badannya secara mandiri.

Setelah selesai kucing melakukan ritual membuang air yang terasa di badannya secara mandiri, Anda bisa membantu mempercepat pengeringan dengan menggosok badannya. Mulai dari kepala dan turun hingga ke kaki.

5. Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing, lakukan proses memandikan secara bergiliran dan tidak disatukan. Hal ini bisa membuat kucing lebih tenang dan tidak terpancing sikap kucing lain yang membuat keributan.