Header Ads Widget

}

10 Jenis Makanan Manusia yang Bisa Dikonsumsi Anjing, Nomor 8 Jarang yang Tahu

Memberi makanan standar untuk hewan peliharaan sudah dianggap hal biasa bagi pemilik anjing. Anda hanya memerlukan dog food atau makanan khusus anjing yang di jual di tempat tertentu seperti pet shop dan agen penjualan makanan untuk hewan.
Pixabay.com

Namun, ketika pemilik sedang menikmati makanan tertentu dan ingin berbagi dengan anjing. Saat sembarangan memberi makanan yang tidak tepat untuk anjing, beresiko menimbulkan beragam gangguan kesehatan, bahkan pada anjing sensitif rentan mengakibatkan masalah yang lebih serius.

Anjing dan kucing sebagai hewan peliharaan sering tak pernah diam melihat Anda, sang pemilik sedang makan. Adakalanya ingin berbagi menikmati makanan yang ada bersama mereka. Namun pemberian makanan yang di makan Anda untuk anjing perlu dipastikan aman dan tidak menyebabkan sakit atau membuat anjing menjadi bertambah berat badan tanpa kontrol.

Sebelum memberi makanan yang bukan standar anjing meski diketahui tidak membuat sakit dan masalah, Anda perlu mengingat pemberian makanan manusia tersebut tidak melebihi 25 persen kebutuhan kalori mingguan anjing.

Apa Saja Jenis Makanan Manusia yang Bisa Dikonsumsi Anjing


Ragam makanan yang disantap manusia terdiri dari banyak bahan dasar yang perlu Anda yakini aman dimakan anjing. Di antara jenis makanan manusia ini, sedikitnya ada 10 jenis makanan dengan menu yang masih boleh dikonsumsi anjing. Tentunya pemilik anjing perlu menyadari riwayat kesehatan hewan terhadap alergi atau sensitif pada bahan makanan tertentu.

1. Yogurt


Hmm, makanan yang berbentuk yogurt telah diketahui memiliki sumber kalsium tinggi dan memberi protein cukup baik. Yogurt bisa diberikan untuk anjing dengan memilih jenis yogurt tanpa bahan tambahan perasa manis atau gula.

Yogurt yang mempunyai kandungan bakteri aktif sangat baik untuk kesehatan anjing normal karena bertindak sebagai probiotik.

Jika pemilik anjing mempunyai hewan yang gemuk, pemberian yogurt yang bebas lemak dan tidak memiliki pengganti lemak perlu diperhatikan.

2. Biji rami


Makanan manusia yang berbahan biji rami sangat baik untuk kesehatan, biji rami kaya dengan asam lemak esensial sehingga mendorong peningkatan kesehatan kulit dan bulu anjing.

Jika pemilik anjing memiliki waktu dan kreativitas mengolah makanan, biji rami bisa dikombinasikan, sehingga menjadi makanan tambahan untuk anjing.

3. Salmon


Makanan dengan dasar salmon adalah jenis yang baik dikonsumsi makhluk hidup. Salmon yang bersumber dari jenis ikan berlemak yang baik untuk kesehatan, memiliki asam lemak omega-3.

Pemberian salmon yang tepat pada anjing, memberi keuntungan pada kesehatan kulit dan bulu hewan. Namun pemilik anjing perlu melihat riwayat kesehatan anjing terhadap alergi untuk makanan laut. Pastikan salmon dimasak dengan sempurna sehingga tidak menularkan parasit pada anjing sehingga beresiko menganggu kesehatan.

4. Labu

Labu dapat diberikan untuk anjing karena kaya sumber serat dan beta karoten. Umumnya vitamin A menjadi asupan yang baik untuk memperoleh beta karoten.

Anjing normal tanpa alergi yang rutin mengonsumsi labu, meningkatkan kemampuan akhir untuk membuat kotoran menjadi lebih mudah dan lancar. Hal ini, berpengaruh positif secara tidak langsung pada kesehatan usus yang terjaga bersih.

5. Ubi jalar

Tanaman ini mudah ditemukan di pasar modern dan tradisional Indonesia. Ibu jalar kaya dengan serat dan memiliki kelebihan lain pada suplay Vitamin B6, Vitamin C, beta karoten dan mangan yang cukup tinggi.

6. Kacang hijau

Kacang hijau berasal dari serat tumbuhan yang berdampak positip dalam memenuhi kebutuhan tubuh, khususnya Vitamin K. Selain itu kacang hijau kaya dengan Vitamin C dan manggan.

Pemberian makanan bahan dasar kacang hijau kurang cocok untuk pemilik anjing yang gemuk. Sementara jika hewan masih terlihat kurus dan menginginkan pertambahan berat badan, menu sejenis ini dapat membantu Anda.

7. Telur

Murah dan mudah di dapat, makanan bahan dasar telur sudah umum di konsumsi manusia. Namun telur cocok untuk anjing?

Telur dapat menjadi sumber protein, riboflavin dan selenium untuk anjing. Jenis makanan ini selain mudah dicerna tubuh hewan, pemberian telur untuk anjing secara teratur dapat memenuhi kebutuhan protein.

Mengolah telur yang baik untuk santapan anjing tidak bisa sembarangan, pastikan Anda memasak dengan cara direbus dengan matang.

Pemberian telur yang tidak matang seperti telur setengah matang, dapat membuat beberapa jenis anjing mengalami masalah pencernaan dan gangguan kesehatan.

8. Ragi bir

Ragi bir jenis makanan dasar yang jarang dipakai dan diberikan untuk anjing. Umumnya ragi bir banyak digunakan untuk pembuatan minuman alkohol. Ragi bir kaya dengan Vitamin B yang memberi manfaat untuk kesehatan bulu, kulit dan memperlancar metabolisme tubuh.

Pemilik anjing perlu memastikan ragi bir yang digunakan adalah jenis makanan untuk kesehatan, ragi bir berbeda dengan ragi yang biasa digunakan untuk pembuatan roti. Oleh karena itu, penggunaan ragi bir perlu dikonsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu.

9. Apel

Apel, jenis buah yang menyenangkan untuk dikonsumsi sebagian besar orang. Rasanya gurih dan manis bercampur asam, dapat juga dikonsumsi anjing.

Pemberian apel yang tepat untuk anjing adalah memastikan tidak mengandung bahan kimia serta mencegah biji apel termakan oleh anjing. Penumpukan biji apel pada tubuh anjing dapat membahayakan dalam jangka lama.

10. Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan yang umum di konsumsi untuk alasan kesehatan. Mereka kaya dengan serat sehingga membantu metabolisme tubuh dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Umumnya makanan bahan oatmeal sangat baik dikonsumsi untuk anjing yang sudah tua dan berusia tidak muda lagi.

Makanan sejenis oatmeal yang mengandung jenis biji-bijian menjadi bahan probiotik.

Pastikan oatmeal dimasak matang tanpa menambahkan perasa seperti gula dan penambah rasa seperti penyedap rasa.

Post a Comment

0 Comments