Header Ads Widget

}

9 Cara Merawat Kucing Anggora Supaya Sehat

Cara merawat kucing Anggora cukup mudah Anda lakukan jika terbiasa memelihara mereka. Ras kucing cukup populer namanya ini, sudah banyak dipelihara masyarakat karena wajahnya lucu dengan mantel bulu halus. Beberapa daya tarik lainnya untuk pecinta hewan adalah warna matanya indah, trah ini selalu diminati seperti ras Persia.

Perilaku Kucing Anggora 

9 Cara Merawat Kucing Anggora Supaya Sehat
Pinterest.com/missypampam

Kucing Anggora dikenal dengan karakter hewan penyayang dan manja kepada pemilik. Sifat yang menurut dan pintarnya mereka diakui pemilik yang merawatnya. Ia punya kecenderungan mencari pemilik dan orang yang merawatnya walau banyak anggota keluarga berkumpul.

Ikatan emosional antara kucing Anggora dengan pemilik berawal perlakuan yang baik dan di rawat dengan benar, mereka bisa merasakan sesuatu yang dirasakan pemilik. Anggora dapat merasakan kebahagiaan dan kesedihan Anda.

Untuk mengadopsi kucing Anggora asli ini, memerlukan biaya yang cukup mahal bagi sebagian masyarakat. Ras kucing murni yang lebih banyak dipelihara peternak, umumnya masyarakat biasa yang menyukai mereka sebagai hobi merawat hewan mencari alternatif lain seperti ras mixdome.

Ras mixdome kucing Persia cukup banyak dan diminati cat lovers. Jenis ini biasanya hasil persilangan Persia atau Anggora dengan kucing lokal yang sehat. Tulisan ini bisa membantu Anda mengetahui ras kucing mixdome.

Jika sudah adopsi kucing tersebut, ada 9 cara merawat kucing Anggora supaya tetap sehat yang perlu Anda ketahui. Kesehatan ras hewan ini secara tidak langsung akan membuat mantel bulu mereka indah, tidak kusut dan tidak mudah rontok.


Tip Cara Merawat Kucing Anggora 


Tip cara merawat kucing Anggora adalah waktu yang diluangkan untuk mereka dan biaya tambahan untuk beberapa perawatan lain. Kucing yang punya mantel bulu panjang dan lebat seperti mereka, perawatannya harus konsisten dan cara merawat kucing anggora kecil berbeda dengan usia dewasa.

1. Menyediakan kandang


Kandang merupakan rumah untuk mereka seperti manusia tinggal dalam rumah. Untuk menjaga suasana kandang nyaman bagi mereka, pilih ukuran kandang sesuai dengan panjang tubuhnya sehingga mudah bergerak tanpa terhalang.

Banyak variasi dan jenis kandang untuk kucing yang mudah dilihat di pet shop atau toko khusus kebutuhan hewan.

Beberapa pertimbangan lain sebelum membeli kandang untuk kucing, selain mencari tempat yang luas agar nyaman di tinggali, gunakan kandang lain jika Anda merawat kucing Anggora lebih dari 1 ekor.

Kandang kucing Anggora yang nyaman biasanya dilengkapi sarana pendukung lain. Misalnya tempat untuk meletakkan tempat makan dan minuman, tempat penampung pup dan urin dan faktor lainnya adalah mudah di bersihkan setiap hari.

4 Cara Memilih Kandang Kucing yang Baik

  1. Memperhatikan ruangan kandang
  2. Menggunakan bahan yang kuat, kokoh dan ramah bagi hewan
  3. Proses membersihkan kandang sangat mudah
  4. Desain kandang sesuai dengan estetika


Anda bisa mencari tulisan kami tentang 4 cara memilih kandang kucing yang baik untuk kucing

Sarana lain diperlukan Anda agar mereka nyaman dan tidak menganggu anggota keluarga yang lain. Misalnya perlengkapan pasir khusus kucing yang dipakai dalam tempat penampung pup. Pasir khusus kucing memiliki fungsi mencegah aroma bau dan membuat kotoran pup menggumpal saat digunakan.

Produsen pasir kucing cukup beragam menawarkan manfaat tambahan untuk pemiliknya. Beberapa jenis pasir tersebut yang dirancang ramah untuk hewan, waktu pemakaian juga bervariasi sesuai dengan merek tertentu.

2. Menyediakan mainan

(Sumber: iStockphoto)

Kucing Anggora ras hewan yang senang bermain, mereka terkadang bermain dengan Anda, kucing lain atau bermain sendiri dengan mainan yang tepat.

Untuk mendapatkan jenis mainan yang menyenangkan, Anda bisa mencari model yang cocok untuk kucing Anggora.

3. Menyediakan makanan berkualitas

(Sumber: catmart.net)

Kebutuhan dasar seperti makanan adalah pakan yang penting untuk ras Anggora. Dari makanan yang mereka terima tersebut, kesehatan tubuhnya dapat terjaga dengan baik sehingga mantel bulu selalu indah.

Umumnya ras Anggora agak pemilih terhadap makanan karena termasuk ras bulu medium. Pemilik yang memberi makanan sembarangan untuk mereka tanpa memperhatikan nutrisi, dapat membuat mereka sakit dan mengalami diare hingga sakit perut.

4. Gunakan tempat khusus menyimpan makanan


Urusan menyimpan pakan makanan kucing masih sering sembarangan dilakukan pemilik hewan. Informasi yang kurang benar dalam menyimpan makanan yang masih ada disebabkan ketidaktahuan sehingga meletakkan di tempat yang benar.

Kondisi ini membuat kualitas makanan kucing menurun dan tidak menutup kemungkinan mengundang hewan lain seperti lalat menghinggapinya.

Umumnya makanan kucing jenis kering di simpan di tempat seperti toples untuk menjaga kerenyahan dan tekstur bahan makanan. Alternatif lain menggunakan tempat sejenis yang kedap udara.

Makanan kucing jenis basah mempunyai proses penyimpanan berbeda. Biasanya ditempatkan pada tempat khusus kedap udara kemudian di simpan di dalam kulkas.

Kedua jenis makanan kucing tersebut disarankan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

5. Memandikan kucing Anggora

(Sumber: unsplash.com)

Kucing Anggora identik dengan bulu panjang dan lebat. Aktivitas harian mereka saat bermain di dalam ruangan atau di luar ruangan dapat memicu keringat dan bulu kusut.

Kondisi tertentu kucing Anggora perlu dimandikan jika sangat kotor.

Bulu kucing Anggora yang tidak terawat selain mengumpal dan membuat kusut, tidak jarang bisa membuat bulu lebih mudah rontok.

Jadwal memandikan kucing perlu pertimbangan usia, aktivitas, riwayat kesehatan mereka. Jika Anda belum tahu kapan waktu tepat memandikan kucing tersebut, bisa meminta bantuan penyayang hewan lain untuk menilai kapan waktu yang baik.

Cara memandikan kucing yang baik adalah mempersiapkan perlengkapan pendukung yang akan digunakan, misalnya shampo untuk kucing tidak boleh memakai sampo manusia. Sumber

Kucing yang bersih tidak perlu dimandikan setiap hari karena dapat menghilangan minyak alami mereka. Untuk membersihkan kucing Anggora yang tidak terlalu kotor dan bau, alternatifnya memakai tisu khusus untuk hewan yang biasanya dipakai dengan cara mengusap di bagian badan atau tempat tertentu.

6. Jadwalkan vaksinasi


Vaksinasi untuk kucing Anggora hal yang perlu Anda siapkan jika belum pernah di vaksinasi. Kucing yang mendapat vaksinasi lengkap memberi manfaat kesehatan secara langsung untuk hewan dan anggota keluarga Anda dari penyakit menular yang timbul dari hewan.

Untuk pemberian vaksinasi lengkap terhadap kucing, konsultasikan dengan dokter hewan.

Beberapa jenis vaksinasi lengkap untuk kucing, seperti:
rabies
Feline Viral Rhinotracheitis, Calicivirus, dan Panleukopenia (FVRCP)
Feline Immunodeficiency Virus dan beberapa vaksinasi yang disarankan dokter hewan.


7. Bermain dengan kucing Anggora

hewan peliharaan memerlukan interaksi dengan pemilik dengan bermain
(Sumber: puyihealth.com)

Bermain dengan kucing Anggora menjadi acara menyenangkan pemiliknya.  Anda dan anggota keluarga dapat bergantian bermain dengan mereka, jika salah satu sedang sibuk.

Sementara itu kegiatan bermain bagi kucing dinilai bermanfaat untuk berolahraga secara tidak langsung.

Kucing Anggora salah satu ras hewan yang jarang bergerak jika tidak ditemani sehingga cenderung pasif untuk tidur sepanjang hari.

8. Mendidik kucing dengan latihan


Melatih hewan peliharaan sejak dini sangat baik untuk pemiliknya. Kucing yang Anda adopsi usia kecil ketika mendapat latihan dasar seperti membuang pup, urin dan latihan lain tidak merepotkan Anda saat mereka dewasa.

9. Memberikan obat cacing


Penyakit menular dapat terjadi ke kucing Anda melalui berbagai cara yang sering tak terduga. Kontak langsung dengan hewan penderita penyakit saat berkelahi atau bermain di luar lingkungan, beberapa sarana lain seperti air dan tanah yang terkontaminasi bibit penyakit.

Misalnya kucing cacingan ketika mereka bermain di luar dengan tanah yang kurang bersih untuknya. Kucing yang cacingan akan sulit bertumbuh normal dan cenderung lebih kurus dibandingkan kucing rata-rata.

Cara merawat kucing Anggora tetap sehat dan tampilan mantel bulu selalu indah pada awalnya terlihat sulit dilakukan. Seiring berjalannya waktu dengan membiasakan diri melakukan perawatan untuk hewan peliharaan justru memberikan pengalaman menyenangkan untuk pemiliknya.

Post a Comment

0 Comments