Header Ads Widget

}

Faktor Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing, Apa aja?

Proses tumbuh kembang makhluk hidup memiliki banyak pengaruh yang saling berkaitan satu dengan lain. Sama seperti faktor mempengaruhi pertumbuhan kucing sejak usia anakan sampai dewasa, selain genetik induk yang diturunkan ke anak, ada juga penyebab lain menjadi kendala seperti kelainan dan cacat hingga lingkungan.

Cara melihat faktor membawa pengaruh pada pertumbuhan kucing

Ada beberapa cara yang bisa Anda amati pada hewan peliharaan di rumah jika merawat kucing. Standar umum yang banyak digunakan untuk penilaian kesehatan hewan dalam pertumbuhan kucing, membandingkan berat badan mereka berdasarkan ukuran panjang.

Beberapa ras kucing tertentu yang biasanya ras asli dan bukan campuran mixdome, cenderung lebih lambat dibandingkan ras kucing liar yang terbiasa hidup bebas di alam liar seperti kucing hutan.

Trah kucing rumahan seperti Persia, Maina Coon dan ras kucing sejenis, lebih lambat pertumbuhannya dibanding kucing yang memiliki habitat hidup di hutan. Beberapa hal lain yang bisa faktor mempengaruhi pertumbuhan kucing, selain ras genetik biasanya lingkungan yang memiliki tuntutan lebih keras mempertahankan hidup secara mandiri.

Faktor Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing

  • Asal usul keturunan dan ras kucing
  • Identitas betina atau jantan
  • tubuh induk kucing saat kehamilan hingga kelahiran
  • gen bawaan dari induk jantan dan betina
  • perkembangan fungsi tubuh kucing
  • tempat tinggal kucing
  • tingkat persaingan mendapat ASI dengan saudara kucing
  • kebutuhan nutrisi, gizi hingga vitamin saat induk kucing hamil hingga menyusui

Selain faktor diatas membawa pengaruh pertumbuhan kucing, ada faktor lain yang bisa menyebabkan hewan lebih maksimal atau tidak saat berkembang. Untuk mendapat info lebih lengkap, konsultasikan dengan peternak profesional yang memiliki pengalaman panjang merawat kucing. Atau bisa juga melakukan konsultasi dengan dokter hewan untuk bertukar pikiran mengoptimalkan pertumbuhan anak kucing yang sehat.

Asal usul keturunan dan ras kucing

Asal usul induk kucing saat kehamilan hingga kelahiran memiliki pengaruh paling besar terhadap pertumbuhan anak kucing berikutnya. Faktor lain yang tak kalah penting adalah persilangan betina dengan jantan yang sehat hingga dengan ras lain.

Identitas betina atau jantan

Rumus umum faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan kucing adalah jantan atau betina. Rata-rata jenis kucing jantan akan lebih kokoh dan berat karena proses tumbuh kembang mereka lebih cepat pada usia sebelum dewasa.

Tubuh induk kucing saat kehamilan hingga kelahiran

Pengaruh lain sebagai penyebab dan faktor yang berpengaruh pertumbuhan kucing, ketika induk kucing hamil hingga kelahiran. Induk kucing yang sehat, baik jantan atau betina biasanya lebih aman melahirkan anakan yang lebih sehat.


Selain dari faktor penyebab eksternal dalam penjelasan diatas, faktor internal yang menjadi pendorong kucing bisa bertumbuh bisa pengaruh dari pertumbuhan hormon yang sesuai, memiliki gen tidak cacat dan nutrisi. Dari nutrisi dan gizi yang didapat kucing dari makanan, mendorong kemampuan internal menjalankan metabolisme tubuh.

Beberapa ciri-ciri lain yang terdapat dalam perkembangan makhluk hidup, mereka akan tumbuh dan berkembang.

apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing secara internal?

Kredit foto: Pixabay/Yujalatte

Seperti makhluk hidup lain, faktor yang menjadi ciri-ciri pertumbuhan kucing secara internal meliputi:
  • bernapas, semua makhluk hidup bernapas menggunakan oksigen sehingga bisa bertumbuh.
  • adaptasi, faktor lain adalah adaptasi. Adaptasi adalah kemampuan yang dimiliki makhluk hidup menyesuaikan dengan keadaan lingkungan yang menjadi tempat tinggal. Contoh hewan lain yang beradaptasi dengan lingkungan, misalnya bunglon dapat merubah warna tubuhnya menyerupai keadaan warna di dekatnya supaya tidak diketahui predator.
  • bergerak, Makhluk hidup dapat bertumbuh dengan baik jika mampu bergerak ke lokasi mencari makan. Cara makhluk hidup bergerak misalnya menggunakan kaki untuk berjalan dan berlari, merayap, terbang dengan sayap, dan berenang dengan sirip.
  • Menjadi besar dan berkembang biak, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing dan makhluk hidup lainnya adalah menjadi besar dari makanan yang mereka konsumsi dan berkembang biak dengan cara bertelur, melahirkan, dan membelah diri.

Demikian tulisan yang membahas beberapa faktor mempengaruhi pertumbuhan kucing, semoga bisa memberi manfaat untuk pecinta hewan, khusus Anda yang merawat dan memelihara di rumah.

Post a Comment

0 Comments