Header Ads Widget

}

Bukan Hiasan saja, 6 Tanaman Pembasmi Lalat Buah, Nyamuk dan Serangga

(Sumber: Pixabay/LynnB)


Hobi merawat tanaman adalah kehidupan menyenangkan setiap orang karena menambah keindahan dan mencegah polusi udara. Selain jenis tanaman yang bernuansa hiasan, Anda bisa menanam tanaman pembasmi lalat buah dan serangga yang sering masuk dalam rumah. 

Ide merawat tanaman yang memberi fungsi tambahan seperti 6 jenis tumbuhan ini, selain bernilai positif untuk lingkungan, juga mampu mengusir serangga kecil seperti nyamuk hingga lalat.


6 Tanaman Pembasmi Lalat Buah, nyamuk dan Serangga lain


1.Kantong Semar

Nama tumbuhan kantong semar sudah tak asing di dengar masyarakat karena habitat dan populasi banyak di daerah Indonesia. Rata-rata tumbuhan ini tumbuh subur di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga pulau Jawa. Selain itu, tanaman karnivora ini telah dibudidayakan masyarakat karena mudah dirawat ditambah bentuk yang unik dan fungsi lainnya membasmi lalat buah hingga serangga kecil.

Manfaat dari tanaman ini juga untuk kesehatan dipercaya sebagai obat seperti sakit mata, meredakan pendarahan, obat disentri, batuk dan sakit demam.


Cara berkembang biak tanaman kantong semar 


Untuk menanam tanaman ini, beberapa peralatan pendukung perlu disiapkan agar pertumbuhannya maksimal seperti yang diharapkan.


Alat yang diperlukan menanam tumbuhan kantong semar

  • kotak plastik yang bisa menutup
  • sekam kering
  • bibit tumbuhan
  • lumut
  • pot jika tidak memiliki tanah kosong untuk menanam
  • tanah
  • pupuk kandang
  • air


Cara menanam dari bibit 

  • bibit yang sudah ada di tebar di tanah atau pot
  • semprot dengan cairan insektisida dan tutup bagian atas setelah selesai di semprot
  • peletakan pot atau tanah yang dijadikan tempat bibit kantong semar berada di sinar matahari sambil menjaga kelembaban
  • sekitar 4 minggu, bibit yang ditanam sudah mempunyai bagian akar dan bisa dipindahkan setelah panjangnya 4-7 cm


Cara menanam kantong semar dari stek

Selain menggunakan bibit, cara lain menanam kantong semar adalah metode stek. Caranya adalah:

cari tanaman kembang semar yang diperkirakan lebih dari 1 tahun dengan ketinggian minimal 1 mt, cari bagian batang yang bagus untuk memulai stek.


Cara merawat tanaman kantong semar

Cara merawat tanaman karnivora yang sudah besar perlu dilakukan agar perkembangbiakan mereka maksimal. Selain itu, mereka butuh nutrisi dari lalat , nyamuk dan serangga lain. Jika sekitar rumah tidak terdapat serangga sebagai bahan makanan alami, Anda bisa memberi makanan untuk mereka dengan pupuk yang memiliki kandungan fosfor, garam dan kalium.

Cara perawatan kantong semar cukup mudah, yakni menyiram mereka 1-2 kali dalam sehari.

Bacaan lain: Cara Mengusir Lalat di Rumah, Cara Mengusir Lalat tanpa Bahan Kimia


2. Venus Fly trap


Tanaman Venus Flytrap salah satu jenis tumbuhan karnivora pembasmi lalat, nyamuk dan serangga kecil lain. Ketinggian batang Venus Flytrap rendah sekitar 4-5 cm dan bentuk daun terdapat duri kecil yang mirip mulut.


Cara menanam tumbuhan Venus Flytrap

Anda bisa mendapatkan bibit tanaman Venus Flytrap di toko tanaman atau membeli secara online. Untuk jenis media yang digunakan dalam pembesaran bibit biji Venus Fly Trap dan teknik dasar pemindahan ke pot setelah besar, bisa ditanyakan langsung ke penjualnya.


Cara merawat tumbuhan Venus Fly Trap setelah besar

tumbuhan pembasmi lalat buah, nyamuk dan serangga kecil ini kurang maksimal jika mendapat penyiraman dengan air biasa. Pertumbuhan dan cara berkembang biaknya akan baik jika menggunakan air hujan yang ditampung dan diendapkan. 

Selain dengan air hujan, jenis air lain bisa Anda manfaatkan untuk siraman tumbuhan Venus Fly Trap, seperti air ac, air RO dan air aki kemasan tutup biru.

Penyiraman tanaman dilakukan secara teratur, khususnya saat tanah tampak kering. 

Lokasi tempat tanaman Venus Flytrap yang bagus adalah terkena cahaya matahari atau bisa juga diletakan di jendela yang ada sinar matahari.

Sebagai tanaman karnivora, tumbuhan Venus Fly Trap perlu makanan tetap seperti lalat buah, nyamuk dan serangga kecil lain.

Untuk menjaga asupan nutrisi mereka dengan baik, rata-rata bisa diberi makanan setiap 1 bulan sekali dengan pakan yang disarankan ahli tumbuhan tersebut.

Jenis tanaman Venus Fly Trap diperkirakan bisa bertahan hidup jika tidak makan berbulan-bulan, namun ada baiknya 1 bulan sekali memberi makan, terlebih jika penempatan di ruang tertutup.


3. Butterwort

Tanaman pembasmi lalat buah, nyamuk dan serangga kecil lainnya adalah Butterwort. Ciri-ciri dari tanaman ini memiliki ukuran 7 cm dengan bentuk kelopak daun berjejer rapi mirip teratai. Ciri lainnya dari tumbuhan karnivora ini warna daunnya cenderung terang dan ceria kehijauan dan beberapa warna lainnya kemerahan.

Jenis serangga kecil yang biasanya jadi makanan mereka adalah lalat kecil, nyamuk semut dan hewan ukuran mini lainnya. Caranya, permukaan daun tumbuhan butterwort lengket.


4. Drosera

Tanaman karnivora Drosera punya nama lain yang cukup populer, sundew. Ciri-ciri yang terdapat pada tanaman pembasmi lalat buah, nyamuk dan spesies serrangga lain ini adalah ketinggiannya bisa mencapai 100 cm dan menjalar merambat menyerupai batang.

Selain ke-4 tanaman pembasmi lalat buah, nyamuk, semut dan sejenisnya tadi. Tumbuhan yang efektif mengusir serangga adalah Lili Kobra dan tumbuhan kincir angin.

Post a comment

0 Comments