Header Ads Widget

}

9 Cara Merawat Kucing Tetap Sehat

Merawat kucing selalu sehat selalu berkaitan secara tidak langsung dengan dokter hewan. Hewan peliharaan yang tampak tidak sakit, tidak selalu mengindikasikan mereka sehat jika faktor pencegahan penyakit diabaikan pemilik.
pixabay.com/photosforyou

Selain kunjungan ke dokter hewan, sekitar 9 cara merawat kucing agar tetap sehat adalah memperhatikan kriteria bulu kucing Anda. Kucing yang mempunyai bulu pendek atau panjang, maka terdapat perbedaan yang cukup besar pada waktu menyisir dan grooming secara teratur.

Apa saja yang perlu Anda lakukan dalam perawatan kucing supaya mereka selalu sehat.

  1. Kebutuhan air minum bersih
  2. Wadah penampung kotoran kucing
  3. Pengamatan kebiasaan yang berubah
  4. Alat dukungan untuk menggaruk
  5. Perlengkapan tempat untuk jalan
  6. Menjadwalkan kebersihan gigi
  7. Menemukan dokter hewan
  8. Kunjungan ke dokter hewan secara teratur
  9. Sterilisasi


Kebutuhan air minum bersih

pixabay.com/suju

Kucing membutuhkan air minum yang bersih dan segar untuk menjamin kesehatan hewan peliharaan di rumah tidak bermasalah untuk pencernaan mereka. Selain pakan atau makanan berkualitas tinggi yang sesuai bagi kucing, beberapa ras kucing ada yang tidak suka diberikan air minum sembarangan.

Aroma yang khas pada air yang kurang bersih dan segar seperti air tanah hingga air yang didapat dari saluran pipa, beberapa kucing memiliki kebiasaan yang bisa berbeda antara satu dengan lainnya.

Kucing tertentu dapat menerima air minum dari tempat rendah, sementara ada juga hewan peliharaan yang enggan membungkuk untuk minum air tersebut.

Kucing ini kemungkinan lebih suka minum air yang berasal tempat sejajar dengan mulut mereka saat berdiri, sehingga Anda perlu mempersiapkan tempat minum seperti air mancur atau menggunakan jenis botol yang digantung.


Wadah penampung kotoran kucing

tanyadokterhewan.com

Wadah tempat penampungan kotoran kucing menjadi bagian yang tak terpisahkan jika Anda merawat kucing. Semakin banyak hewan yang dipelihara, cara merawat kucing yang tepat dengan menyediakan wadah penampung kotoran lebih banyak dari jumlah kucing tersebut.

Misalnya Anda merawat 2 kucing di rumah, sedikitnya memerlukan 3 tempat penampungan yang di letakkan untuk mereka.

Cara membuat kucing berminat buang kotoran di tempat yang Anda sediakan, gunakan pasir khusus kucing dan telaten membersihkan kotoran yang sudah ada di dalam tempat tersebut.

Membersihkan kotak khusus penampung kotoran kucing bisa memerlukan minimal dua kali pembersihan setiap harinya.

Manfaat membersihkan tempat penampung kotoran kucing setiap hari, membuat pemilik hewan dapat lebih dini melihat perubahan feses atau urin mereka sehingga  gangguan kesehatan dapat segera dicegah lebih cepat.


Pengamatan kebiasaan yang berubah

pixabay.com/DarkWorkX

Cara merawat kucing tetap sehat yang lain adalah perhatian Anda pada kebiasaan kucing.

Hewan peliharaan tersebut tidak selalu buang kotoran di tempat penampung yang Anda sediakan untuk mereka.

Kucing yang mulai menolak buang kotoran di tempat tersebut, selain mengindikasikan tempat dan lokasi kotor, bisa juga menandakan gejala awal infeksi saluran kemih atau penyakit medis lain.

Cara merawat hewan tetap sehat yang lain:

7 tips merawat hewan di rumah
Usia yang cocok adopsi kucing
Cara memilih sampo untuk kucing
Harga sterilisasi kucing

Alat dukungan untuk menggaruk

pixabay.com/artyangel

Cara merawat kucing tetap sehat yang sering dianggap remeh pemilik adalah tersedianya alat khusus untuk hewan menggaruk.

Kebiasaan kucing untuk menggaruk suatu tempat, bertujuan untuk menjaga kesehatan mereka agar otot dalam kondisi regang.

Kucing yang tidak mendapat alat menggaruk yang sesuai untuk mereka, cenderung merepotkan dan dapat merusak barang yang ada di rumah. Mereka dapat menggaruk kursi, sofa hingga kardus untuk menyalurkan naluri alamiah mereka.


Perlengkapan tempat untuk jalan

Tokopedia.com

Cara merawat kucing tetap sehat adalah jadwal yang tepat memberi waktu ke dokter hewan.

Bepergian bersama hewan seperti kucing ke suatu tempat, mereka perlu disiapkan tempat khusus agar tidak bebas berkeliaran di dalam kendaraan Anda.

Tempat khusus untuk kucing selama pergi, pilih desain yang efisien dan mudah untuk membersihkan kotoran yang terdapat didalamnya.

Manfaat menyediakan sarana seperti tempat bagi kucing untuk Anda, selain membebaskan perhatian Anda menjadi lebih fokus mengendarai mobil, juga terbebas dari rasa khawatir sofa di garuk atau buang kotoran di sembarang tempat.


Menjadwalkan kebersihan gigi

tokopedia.com

Cara merawat kucing tetap sehat maka kebersihan gigi perlu mendapat perhatian pemilik hewan. Mereka dapat mengalami masalah pada gigi dari penumpukan sisa makanan yang tertinggal menjadi karang gigi.

Mereka tidak bisa menggosok gigi seperti manusia sehingga memerlukan bantuan Anda untuk menghilangkan bakteri.


Menemukan dokter hewan

kompasiana.com

Dokter hewan adalah satu bagian dari mitra Anda sebagai cara merawat kucing tetap sehat. Ada banyak dokter hewan yang berpengalaman menangani kucing dan menjadi sangat bernilai untuk penanganan kesehatan mereka.


Kunjungan ke dokter hewan secara teratur


Kunjungan ke dokter hewan tidak selalu dilakukan saat kucing sedang sakit. Ketika mereka sehat, jadwal dengan dokter hewan dapat memberi banyak informasi bermanfaat untuk pemilik. Selain vaksinasi terhadap penyakit tertentu, konsultasi dengan ahli kesehatan dapat menjelaskan kondisi kesehatan mereka dalam berat badan yang ideal.

Sterilisasi


Sterilisasi adalah cara merawat kucing tetap sehat.  Sterilisasi yang mendapat persetujuan dokter hewan dapat mencegah penyakit yang bersumber dari gangguan kesehatan reproduksi hewan.

Sterilisasi dapat menghilangkan kanker ovarium hingga tumor pada kucing betina, sedangkan kucing jantan memperoleh keuntungan terhindar dari kanker di bagian reproduksi mereka.

Manfaat lain yang didapatkan kucing setelah menjalani sterilisasi, keinginan alamiah mereka untuk bepergian dan berkeliaran mencari pasangan akan menurun. Hal yang lainnya, keinginan menandai wilayah kekuasaan dengan cairan mereka juga tidak dilakukannya.

Post a Comment

0 Comments