Header Ads Widget

}

Ingin Pelihara Hewan di Rumah ? 7 Hal Ini Perlu Kita Perhatikan

Pernahkah Anda melihat hewan peliharaan yang lucu bersama majikannya secara tak sengaja sedang berjalan waktu sore hari?

Hal yang diperlukan untuk merawat kucing atau anjing
Banyak hewan peliharaan manusia tidak selalu tinggal dalam rumah. Pada waktu tertentu seperti sore hari, bisa juga menemani majikan berjalan santai hingga olahraga ringan. 

Rata-rata hewan peliharaan yang dibawa keluar ini, selain lucu, penampilannya keren dan sehat. 

Bahkan kawasan tertentu yang banyak hewan peliharaan, tidak mengherankan jika ada tempat khusus untuk berkumpul bersama-sama. 

Tantangan mempunyai hewan peliharaan


Persiapan merawat hewan untuk pemula
Bagi masyarakat umum, hewan peliharaan yang lucu, sehat dan menyenangkan punya daya tarik tersendiri. Tampilan yang keren di tambah keunikan dan kelucuannya, tidak jarang bisa mengundang keinginan orang lain untuk memelihara juga.

Peliharaan cukup populer di masyarakat, sebagian besar ras kucing hingga ras anjing. 

Dengan polesan tangan pelatih profesional,  hewan tersebut semakin pintar melakukan trik dan aksi yang menghibur.

Sebelum Anda memutuskan secara pasti niat membeli atau mengadopsi dari teman, ada baiknya mengetahui beberapa hal yang butuh perhatian dasar bagi terjaminnya kesejahteraan dan kesehatan mereka.

Keinginan memelihara kucing maupun anjing sebenarnya tak masalah, karena kehadiran mereka akan membuat suasana lebih Happy.

Mempersingkat apa saja tantangan calon majikan yang ingin merawat hewan peliharaan, sedikitnya perlu 20 hal yang perlu Anda ketahui. Diantaranya:
  1. Konsisten menyediakan makanan yang tepat untuk hewan
  2. Menyediakan tempat untuk istirahat, bermain dan tidur. Tempat yang terlindung dari cuaca tak bersahabat maupun aman dari predator
  3. Menjadwalkan kebersihan melalui mandi secara teratur
  4. Mengunjungi dokter hewan terdekat untuk vaksinasi maupun mengobati mereka saat sakit
  5. Menyediakan grooming hingga perawatan lain, seperti gunting kuku, memeriksa kebersihan telinga dan lainnya
  6. Menyediakan waktu untuk sosialisasi dan berinteraksi bersama hewan peliharaan
  7. Mengikutsertakan mereka dalam kegiatan permainan yang sesuai
  8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan vitamin atau nutrisi jika dibutuhkan
  9. Mengetahui makanan yang pantang diberikan 
  10. Menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya dari kotoran 
  11. Hewan peliharaan tertentu yang memiliki bulu bagus, biasanya perlu di sisir dan dilihat tidak adanya kotoran, kutu maupun jamur
  12. Konsisten melakukan vaksinasi ke dokter hewan terdekat sesuai petunjuk kesehatan
  13. Hewan peliharaan tertentu, adakalanya butuh di jemur saat pagi hari
  14. Memperhatikan tali kekang tidak terikat terlalu kencang jika dipergunakan
  15. Memberikan perhatian di waktu tertentu, seperti mengelus dan membelai atau mengajaknya bicara.

Tips dasar diatas bisa jadi belum lengkap semua. Jika Anda ada tips lain yang perlu diketahui calon majikan, sangat membantu sekali memberikan lewat komentar dibawah.

Tips pemula merawat hewan dirumah


Menjaga kebersihan tubuh hewan


Hewan dan manusia punya kemiripan walau tidak sama persis, yakni tentang kebersihan. Untuk merawat hewan dirumah trah tertentu, mereka perlu mandi agar kebersihan tetap terjaga dan tidak menjadi bau. 

Mintalah petunjuk dan informasi tentang menjaga kebersihan dari orang yang sudah berpengalaman. Biasanya, mereka punya standar khusus sebagai penilaian hewan yang dirawat sudah bersih.

Rajin membersihkan kandang hewan


Kucing atau anjing memiliki rumah sebagai tempat untuk berteduh maupun tidur. 

Sebenarnya rumah kucing atau rumah anjing ini relatif menyesuaikan. 

Pada beberapa ras kucing dan anjing yang disediakan tempat untuk tidur, belum tentu menggunakannya karena beberapa penyebab.

Mulai pada penempatan yang salah, misalnya diletakkan di area yang berisik, lokasi yang padat kegiatan atau mungkin juga karena keamanan yang masih kurang maksimal untuk hewan, sehingga masih mengkhawatirkan predator.

Kandang hewan biasanya mudah kotor dalam 1 hari. 

Jika kotoran yang mudah menempel di kandang atau rumah mereka, seperti remah dan sisa makanan, sisa air kecil atau Puup, selain menimbulkan aroma yang tidak sedap, resiko lain adalah kemunculan bakteri dari kotoran sisa.

Kebersihan kandang sangat penting diperhatikan karena memberikan pengaruh secara tak langsung bagi anggota keluarga. Merawat hewan dirumah tetap sehat, mau tak mau kandang perlu dibersihkan secara teratur agar kotoran dan kuman tidak menjadi masalah baru. Jika kotoran tidak dibersihkan secara benar benar, aroma bau dipastikan tertinggal.

Baca juga:
Cara merawat kucing di rumah
Jenis alergi pada anjing
Pertolongan Pertama untuk Anjing
Cara merawat anjing pom
Tradisi unik pemilik hewan di Jepang

Rajin memberi vaksin dan melakukan pemeriksaan ke dokter hewan


Hewan peliharaan dan hewan liar punya sedikit perbedaan dalam kehidupannya. Hewan yang hidup bebas liar, rata-rata jarang mendapat vaksin secara rutin, sementara pecinta hewan yang perlu pada kesehatan peliharaan, biasanya memberi vaksinasi pada periode tertentu dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Biasanya calon majikan yang ingin merawat hewan dirumah seperti kucing atau anjing, disarankan memeriksa kesehatan mereka minimal 1 tahun sekali. Kegiatan tersebut bisa untuk vaksinasi atau sesuai anjuran dokter hewan.

Sementara jika peliharaan sakit, Anda perlu membawanya ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa penyebab sakit, apa jenis gangguan kesehatannya karena alergi ataupun salah makan.

Rutin kasih makan dan minum


Tidak bedanya dengan manusia, merawat hewan dirumah maka ia butuh makanan dan minuman. Hanya saja memelihara hewan peliharaan berbeda, kadangkala tidak bisa mengambilnya sendiri jika makanan atau minuman sulit di dapat. 

Oleh karena itu, calon pemilik perlu menyiapkan akses mudah bagi kucing dan anjing menjangkau makanan dan minum, khusus air untuk mencegah dehidrasi saat musim panas.

Memelihara hewan peliharaan perlu menyiapkan sedikitnya makan bergizi 2 - 3 kali dalam sehari atau sesuai aturan pakai produk tersebut. 

Untuk kebutuhan minum, cobalah memeriksa pada jam tertentu, cek apakah masih bersih atau belum tumpah.

Mengajak bermain


Ini benaran, hewan peliharaan yang tak mendapat kasih sayang dari majikan bisa membuatnya baper dan merasa bosan. 

Anda perlu menyediakan waktu bermain dengan mereka, membelai ataupun mengelusnya. 

Cara mengajak hewan bermain bermacam-macam, misalnya untuk hewan kecil, bisa bermain lempar sesuatu benda, nanti mereka akan membawanya kembali kepada Anda. 

Bisa juga bermain berantem-beranteman versi penulis. 
Caranya, bungkus tangan Anda dengan selimut tidak terlalu tebal, selanjutnya bentuk tangan seperti ular dan seolah-olah akan menyerangnya. Biasanya kucing dan anjing paham dan tidak menggigit terlalu kencang.

Membereskan kabel listrik

Barang kecil yang mudah tertelan dan kabel listrik sebaiknya dibereskan dan dirapikan. Benda kecil disimpan di tempat yang tidak terjangkau mereka mencegah tertelan. Sementara kabel listrik yang berantakan,, selain bisa berbahaya bagi mereka, terkelupas kulit pelindung kabel akibat gigitan beresiko pada anggota keluarga. Watak mereka di usia kecil cenderung ingin tahu.

Kredit foto:
pexels.com
pxhere.com
pixabay.com