Header Ads Widget

}

Panduan cara merawat kucing sakit di rumah

Hewan peliharaan seperti kucing atau anjing tak selalu sehat. Pada masa tertentu ketika mereka salah makan, terpapar zat rumah tangga hingga faktor lingkungan bisa menyebabkan sakit.

Sebagai pecinta hewan, kucing yang sehat sangat penting mendapat prioritas. Tak heran jika banyak majikan merasa pusing setelah mengetahui kucing sakit namun tak tahu bagaimana cara merawat mereka di rumah.
Tips merawat kucing sakit

Panduan cara merawat kucing sakit di rumah

Cara merawat kucing di rumah sangat perlu Anda ketahui, atau mungkin juga menambah wawasan dan pengetahuan sebelum memutuskan memelihara peliharaan.

Kucing yang sakit memiliki berbagai respon berbeda yang tak selalu sama. Sakit yang dialami mereka tidak harus berbentuk gangguan fisik saja, bisa juga secara psikologis seperti stres. Jika melihat perilaku mereka tidak wajar dan cenderung berlebihan, ada baiknya memastikan keadaan hewan dengan memeriksa ke dokter hewan terdekat.

Artikel tentang panduan cara merawat kucing sakit di rumah, bukan dimaksudkan melangkahi diagnosa ahli kesehatan, namun  tujuannya bisa sebagai pertolongan pertama sebelum membawa mereka ke klinik hewan, Puskeswan atau Rumah Sakit Hewan terdekat. Dengan demikian peluang pemulihan kesehatan mereka lebih bisa karena antisipasi yang disiapkan sebelum datang ke dokter hewan.

Apa saja yang diperlukan untuk merawat kucing sakit di rumah ?

Ada banyak sumber bahan baku yang bisa Anda dapatkan di sekitar rumah yang memiliki fungsi tambahan untuk merawat kucing sakit. Misalnya kuning telur, air kelapa alamiah, minyak, obat-obatan yang ramah untuk kucing sampai kepada suplemen  yang direkomendasikan dokter untuk hewan.

Kita bahas satu persatu bahan baku di sekitar rumah yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kucing sakit di rumah.

Manfaat kuning telur bagi kucing

menyembuhkan kucing sakit dengan kuning telur

Telur salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan di rumah. Biasanya ibu rumah tangga menyiapkan beberapa butir telur di dapur untuk persediaan makan karena praktis mudah di sajikan.

Manfaat kuning telur untuk kucing adalah menambah selera makan mereka saat tak berminat dengan makanan yang diberikan.

Komposisi kuning telur mentah yang terdapat beragam lemak dan tinggi protein tersebut, juga cocok dikonsumsi oleh kucing yang memiliki tubuh kurus, rewel makan atau kucing yang tampak lesu.

Cara menggunakan kuning telur untuk kucing sakit ternyata mudah dilakukan siapa saja. Anda atau anggota keluarga yang cukup umur, hanya perlu mencampurkan kuning telur ayam dengan makanan kepunyaan mereka.

Cara lainnya memberi kuning telur untuk kucing sakit, bisa juga menggunakan alat bantu seperti obat tetes ke mulut.

Manfaat kesehatan dari kuning telur ini, bisa juga sebagai pengobatan kucing yang sakit flu.

Manfaat air kelapa alamiah untuk kucing

mengobati kucing dengan air kelapa

Air kelapa alamiah ini adalah air yang berasal dari kelapa asli. Jadi bukan sejenis air kelapa yang dikemas dalam produk komersial yang biasa di jual di toko atau tempat tertentu.

Dalam air kelapa alamiah yang belum menggunakan zat tambahan, seperti pengawet dan zat lainnya lebih memberi manfaat yang signifikan untuk kesehatan dan pemulihan kucing sakit.

Komposisi air kelapa yang terdapat ion, sangat baik mengganti cairan tubuh yang hilang. Penggunaan air kelapa ini lazim pada kucing yang keracunan.

Beberapa fungsi lain dari air kelapa bagi kucing, ketika mereka muntah, diare, suhu badan mengalami demam, aroma mulutnya mengeluarkan bau tak sedap.

Manfaat minyak VCO untuk kucing

Minyak VCO mengandung kadar vitamin E yang tinggi dan beberapa zat asam tertentu. Minyak VCO atau disebut minyak kelapa muda ini memiliki panggilan keren, virgin coconut oil.

Proses pengolahan minyak kelapa murni yang berbeda dengan minyak sayur yang kita kenal di dapur, dimana proses ekstrak VCO berasal dari santan kelapa yang masih segar.

Apa manfaat minyak VCO untuk kucing sakit?

Penggunaan minyak VCO ini rata-rata efektif dipakai ketika kucing mengalami jamur dan penyakit kulit, meredakan efek ring worm atau untuk mengobati luka ringan pada kulit kucing.

Kucing yang pulang ke rumah setelah bertengkar dengan kucing lain berebut wilayah atau pasangan, biasanya kembali ke rumah dengan luka lecet dan memar. 

Cara pemakaian minyak kelapa murni (VCO) untuk kucing sakit dimungkinkan berbeda-beda tergantung seperti apa sakitnya?

Misalnya kasus kucing berpenyakit kulit yang disebabkan jamur, oleskan di bagian yang berjamur menurut aturan pakai yang tertera di kemasan atau menanyakan kepada staf dan petugas yang mengerti.

Cara memakai minyak VCO lazimnya diberikan ke kucing sakit jamur 2 kali dalam sehari dan biasanya para jamur akan hilang di hari ke 2-3.

Pengobatan kucing diare atau mencret bisa juga dengan minyak VCO. Cara menggunakannya adalah dosis takaran tidak lebih 1 ml yang diberikan melalui oral. Jika Anda bingung mengukur dosis yang tepat ukuran 1 ml minyak VCO, kira-kira seukuran setengah sdt.

Setelah diberikan minyak VCO ke kucing yang mencret, usahakan mereka puasa makan sekitar 12 jam dan diberikan akses minum air bersih.

Solusi lain minyak VCO bagi pemulihan kesehatan kucing sakit, bisa juga diberikan pada kucing yang keseringan tidur dan malas beraktivitas.

Untuk penggunaan yang benar dan direkomendasikan, tanyakan prosedur penyajiannya ke pet shop tempat Anda membeli. Jelaskan detail usia kucing, kondisi hamil atau tidak, riwayat kesehatan sebelum dan kemungkinan efek samping yang bisa muncul pada kucing.

Manfaat obat merah

Obat merah atau salah satu merek yang cukup dikenal adalah betadine dan merek komersial lainnya.

Pengobatan luka dan lecet pada kucing yang bertengkar dengan kucing lain, dimungkinkan untuk disembuhkan dengan betadine.

Sebelum memakaikan obat merah dibagian yang lecet, bersihkan terlebih dulu bagian luka agar tidak kotor. Dengan demikian akan mempercepat memulihkan kesehatan kulit mereka juga mencegah resiko infeksi.

Setelah obat merah selesai di balur di kulit yang luka atau koreng, cegah kemungkinan terjilat dengan memasang cone atau collar yang bentuknya seperti corong lampu di kepala hewan.

Manfaat suplemen dan vitamin pada kucing

Suplemen dan vitamin pada hewan sehat bisa didapat melalui makanan berkualitas yang dikonsumsi setiap hari. Jadi pilihan pemberian multivitamin untuk peliharaan tersebut adalah option yang tidak terlalu penting.

Namun kucing sakit cenderung punya masalah gangguan nutrisi yang tak seimbang. Bisa pengaruh dari mereka yang tidak mau makan, dan lain sebagainya, sehingga membutuhkan suplemen dan vitamin sesuai rekomendasi ahli hewan.

Tujuan kucing sakit yang didorong dengan vitamin tersebut, mempercepat sistem imun tubuh pulih lebih cepat untuk melawan infeksi yang dialami. 

Mintalah petunjuk ahli hewan, suplemen apa dan vitamin yang mana yang sebaiknya dikonsumsi mereka.

Kredit foto Pixabay.com

Post a Comment

0 Comments