Header Ads Widget

}

Cara merawat kucing baru lahir tanpa induk

Cara merawat kucing baru lahir, khususnya jika anak kucing masih berusia kurang dari 8 minggu tak menjadi masalah jika induknya ada di dekat mereka.

Namun beberapa peristiwa yang tak pernah diduga, Anda atau manusia yang lain punya kemungkinan bertemu dengan anak kucing baru lahir yang tidak ada induknya.

Ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab anak kucing yang baru dilahirkan tidak bersama induk mereka. Mulai dari kemungkinan induk mengalami kecelakaan atau penyebab lain dimana anak kucing benar- benar ditinggalkan sendirian oleh induk.

Mengapa induk yang melahirkan anak kucing yang masih usianya sangat muda ditinggalkan? Tulisan tersebut akan saya kemukakan pada artikel mendatang.

Kembali pada judul cara merawat kucing baru lahir. Anak meong ketika ditemukan tanpa perlindungan induknya maka secara tak langsung butuh peran aktif dari manusia.

Informasi tentang perawatan anak kucing yang baru lahir yang tidak sama dibanding dengan kucing dewasa, butuh perhatian ekstra jika Anda ingin mengadopsi mereka menjadi hewan peliharaan di rumah.

Anak kucing yang baru lahir secara alamiah memiliki naluri untuk mencari induk mereka. 

Tujuannya untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkan tubuh, selain itu untuk mendapat suhu hangat karena usia anak kucing  belum bisa mengatur suhu tubuhnya.

Cara merawat anak kucing tanpa induk, prioritas pertama adalah menyediakan susu khusus anak kucing. Pemberian susu anak kucing untuk meningkatkan sistem imun tubuhnya sehingga lebih kuat dari resiko penyakit.

Susu khusus anak kucing diberikan sampai mereka berumur 14 minggu.

Cara merawat kucing baru lahir tanpa induk

Tips lain cara merawat kucing baru lahir yang perlu Anda tahu, diantaranya:

Menemukan pengganti induk

Upaya penyelamatan dengan merawat anak kucing usia muda adalah menemukan pengganti induk lain. 

Cara menemukan induk pengganti untuk anak kucing tersebut, yakni dengan kunjungan peternak yang ada di wilayah terdekat Anda atau mendatangi tempat penampungan hewan terlantar.

Ada banyak tempat penampungan hewan terlantar yang bersedia membantu menyelamatkan anak kucing tersebut. Luangkan waktu untuk menanyakan bagaimana memelihara kucing yang baru lahir tersebut.

Ide menemukan induk pengganti sebagai pengasuh anak kucing yang baru lahir tersebut, tidak semudah yang Anda bayangkan.

Jika Anda mendapatkan calon induk kucing yang cocok untuk berbagi ASI, saat mendekatkan anak kucing beresiko ditolak dan kemungkinan yang terburuk akan di gigit.

Solusi yang bisa Anda coba adalah dengan menghilangkan aroma bawaan milik anak kucing tersebut. Caranya dengan mengenalkan aroma anak kucing tersebut dari aroma anak kandungnya. 

Usap bulu anak kandung secara hati-hati, kemudian pindahkan aroma khas mereka ke anak kucing yang ingin diasuh.

Peluang menggunakan metode ini 50:50 berhasil. Jika aroma awal anak kucing lebih dominan terendus, kemungkinan besar tetap ditolak karena merasa tidak kenal. Peluang lain akan berhasil jika bau-bauan milik anak kucing bisa disamarkan mendekati seperti anak kandungnya.

Mintalah saran peternak profesional yang pernah melakukannya, sehingga terhindar dari resiko anak kucing muda tersebut mendapatkan luka.

Mengatur suhu tubuh kucing tetap hangat

Solusi lain jika Anda ragu mencarikan anak induk baru, pilihan lain adalah merawatnya langsung.

Apa saja yang perlu Anda lakukan untuk kucing baru lahir?

Anak kucing yang baru lahir dan tidak punya induk rentan sakit karena tubuhnya belum bisa berfungsi secara maksimal. 

Untuk menjaga kondisi suhu yang tidak bersahabat dengan anak kucing, mereka perlu mendapat kehangatan dari luar, seperti membalut dengan kain atau mengatur suhu ruangan menggunakan lampu yang tepat.

Pada kondisi normal jika anak kucing ada bersama induknya dan saudara lainnya, kehangatan yang didapatkan berasal dari kebersamaan mereka. Proses saling memberi suhu panas dari tubuh tersebut berlangsung sekitar di minggu ke 4.

Sementara suhu ideal jika Anda ingin membuatnya sendiri dengan alat pendukung, usahakan suhu ruangan ada pada kisaran 27 derajat. 

Lakukan pengukuran suhu tubuh mereka secara berkala untuk memastikan suhu ruangan sudah tepat. Rata-rata suhu badan mereka di minggu pertama sekitar 31-33 derajat.

Jika Anda tidak bisa membuat suhu ruangan menggunakan peralatan pendukung, cara lainnya dengan kardus atau kotak yang mudah ditemukan sekitar rumah.

Pastikan kardus atau kotak tersebut bersih sebelum digunakan, letakkan kain sebagai alas dasar sehingga lebih hangat. Tambahan lainnya adalah memakai botol berisi air hangat untuk mengganti sumber panas yang mirip dengan induk kucing.

Penggunaan botol berisi air hangat perlu diperhatikan suhu tidak terlalu panas.

Supaya botol tidak disentuh langsung oleh kucing baru lahir, selipkan dengan memakai kain lain.

Cara merawat anak kucing usia kecil tanpa induk sangat penting menjaga suhu ruangan sesuai kebutuhan mereka. Oleh karena itu metode penggunaan botol hangat, segera ganti jika suhu airnya sudah dingin.

Penurunan suhu yang bersumber dari botol berisi air hangat menjadi dingin, beresiko fatal jika tak diganti. Anak kucing tersebut kemungkinan besar akan mengalami suhu tubuh menjadi dingin karena tidak terdapat sumber suhu di dekat mereka.

Nutrisi susu 


Pemberian nutrisi untuk kucing baru lahir tidak boleh menggunakan sembarangan susu, apalagi susu untuk manusia dewasa.

Anak kucing usia muda perlu susu khusus yang di formulasi sesuai dengan kebutuhan mereka. Cara mendapatkan susu anak kucing juga tidak sulit, kunjungi langsung pet shop terdekat di wilayah Anda sambil menanyakan cara penggunaan dan perbuatannya.

Solusi lain untuk membeli susu anak kucing adalah buka smartphone Anda dan temukan penjual online yang menyediakan kebutuhan makanan untuk hewan peliharaan, khususnya kucing.

Alasan susu manusia tidak boleh diberikan pada anak kucing adalah komposisi dasar formulasi berbeda.

Susu untuk manusia memiliki komposisi laktosa tinggi sehingga beresiko untuk kesehatan anak kucing. Beberapa gejala yang timbul memberi susu manusia kepada mereka, kucing mengalami gangguan pencernaan dengan ciri diare hingga muntah.

Cara memberi susu untuk anak kucing

Cara memberi susu untuk anak kucing ada perbedaan dengan cara manusia minum susu. 

Pertumbuhan fisik anak kucing yang masih kecil dan belum mandiri tersebut, butuh pertolongan manusia untuk menyusui.

Pilih alat bantu untuk memberikan susu kepada mereka, misalnya dengan alat tetes yang mirip seperti tetes mata atau botol yang dirancang untuk anak kucing.

Berikan cairan susu anak kucing secara hati-hati dan hindari memaksa cairan terhisap oleh mereka. Pemberian susu yang dipaksakan ke anak kucing beresiko masuk ke dalam paru-paru mereka dan bisa menyebabkan pneumonia.

Jangan lupa persiapan yang harus dilakukan sebelum menggunakan alat bantu tersebut, membersihkan terlebih dahulu agar steril dari bakteri, kuman dan zat berbahaya lain.

Panduan memberi susu untuk kucing baru lahir
  • letakkan anak kucing menggunakan alas dasar seperti kain atau handuk
  • perlahan membuka mulut anak kucing menggunakan ujung jari dengan hati-hati
  • setelah mulut mereka terbuka dan diperkirakan bisa menerima susu, tempelkan ujung susu di area rahang-nya

Posisi botol yang dipegang disarankan tidak terlalu tinggi berkisar 45 derajat untuk mencegah cairan masuk terlalu cepat dan mencegah resiko masuk ke dalam paru-paru

Pemberian susu yang sudah dihangatkan terlebih dulu dengan suhu tepat, anak kucing perlu mendapatkan setiap 3-4 jam sekali.

Jadwal nutrisi susu kucing tersebut akan sedikit lambat jika usianya makin besar, mereka bisa diberikan setiap 6-8 jam sekali.

Takaran dan dosis susu untuk anak kucing juga disesuaikan dengan berat badan mereka. Rata-rata dihitung dengan 8 cc susu di kali berat badan per hari. Untuk mendapatkan takaran susu yang benar, baca petunjuk aturan pakai yang tertera di kemasan atau menanyakan kepada staf penjual susu.

Cara membersihkan pup anak kucing baru lahir

Menjaga kebersihan anak kucing muda sangat penting diterapkan karena mereka belum mampu melakukan dengan sendiri. Usia anak kucing kurang dari 3 minggu perlu dijaga kebersihan, yakni bagian belakangnya.

Naluri induk yang membantu anak kucing agar lancar pup dan buang air kecil, biasanya mereka menjilati bagian belakang tersebut seolah memijit.

Bantuan ini akan memudahkan mereka pup dan buang air dan biasanya terjadi usai makan selesai.

Caranya dengan mengusap bagian belakang untuk mendorong lancar BAB. Alat bantu yang bisa dipakai melakukannya adalah kain bersih atau tisu basah ramah hewan sehingga bisa dibuang untuk sekali pemakaian.

Jika Anda belum pernah melakukannya dan masih bingung dengan caranya, mintalah petunjuk saat membeli susu di pet shop.

Kredit foto Pixabay

Post a Comment

0 Comments