Header Ads Widget

}

Harga Layanan di Puskeswan Jakarta 2019-2020

Hewan peliharaan yang sehat memiliki pengaruh cukup besar bagi kesehatan anggota keluarga secara tidak langsung. Majikan yang mempunyai hewan sehat akan lebih tenang dan tak perlu memikirkan kemungkinan jenis penyakit yang bisa timbul dari satwa. Tak mengherankan jika banyak pemilik peliharaan rutin memberi vaksinasi hingga pengobatan untuk hewan. Beberapa tempat yang sering muncul pertama kali dalam benak pemiliknya, mencari Pusat Kesehatan Hewan atau lebih populer disingkat Puskeswan.


Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) merupakan lembaga pelayanan kesehatan untuk hewan yang dikelola pemerintah setempat, beberapa kelebihan yang bisa Anda peroleh ketika memeriksakan kesehatan hewan dan pelayanan medis lainnya, yakni harga yang terjangkau.

Di Jakarta, Puskeswan terdapat di Jl. Harsono RM No.36-28, RT.9/RW.4, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550. Dengan jadwal praktek jam buka setiap harinya, kecuali pada hari Rabu, tutup untuk umum. Untuk berkunjung ke sana, Anda dapat menyesuaikan keberangkatan agar tiba tepat waktu sebelum jam pelayanan selesai.

Jam praktek dokter hewan di Puskeswan

Jadwal dan jam praktek dokter hewan Puskeswan

  • Senin 08.00–12.00, 13.30–16.00
  • Selasa 08.00–12.00, 13.30–16.00
  • Rabu Tutup
  • Kamis 08.00–12.00, 13.30–16.00
  • Jumat 09.00–12.00, 14.00–16.00
  • Sabtu 09.00–12.00
  • Minggu 09.00–12.00


Catatan penting jika mengobati hewan peliharaan di Puskeswan Ragunan


  1. Sebelum berangkat ke Pusat Kesehatan Hewan di Ragunan, pastikan Anda membawa alat pembayaran lain. Puskeswan Jakarta Selatan tidak menerima pembayaran uang tunai karena alasan tertentu. Proses pembayaran di Puskeswan Ragunan memakai sistem debit kartu jakcard dan pastikan nominal uang yang tersedia cukup saat digunakan atau membayarnya langsung di Bank DKI.
  2. Puskeswan Ragunan setiap hari Rabu dan tanggal 30 libur.
  3. Untuk mengisi kekurangan saldo jackcard, Anda harus ke Bank DKI dengan mempertimbangkan jam waktu buka Bank bersangkutan. Jam buka layanan Bank DKI sama seperti bank umumnya, buka pada jam delapan pagi hingga jam tiga sore, namun ada beberapa Bank DKI di tempat tertentu yang buka hingga jam empat atau lima sore. Untuk jam istirahat pada hari senin-kamis mulai pukul 12.00-01.00 WIB dan hari jumat mulai jam 11.30-01.00 WIB, layanan untuk Sabtu-Minggu tutup.
  4. Sebelum berangkat ke Puskeswan, disarankan menelpon terlebih dahulu untuk memastikan jadwal praktek dan pelayanan yang akan digunakan. Biasanya beberapa layanan tertentu, hanya bisa pada hari tertentu, Telepon: (021) 78842364.


Dikutip dari lapor.go.id 27 Feb 2018, Sistem pelayanan Puskeswan Jakarta Selatan pernah dikeluhkan pemilik hewan karena merasa kesulitan dengan sistem pembayaran jackcard. Terakhir saat kunjungan kami di bulan November 2019, sepertinya cara pembayarannya masih sama dan belum berubah.

Artikel pilihan


Daftar Harga Layanan Puskeswan Ragunan 2019-2020


Perkiraan harga Puskeswan Ragunan Jakarta Selatan

Selain memberi layanan kesehatan untuk hewan, pada moment tertentu Pusat Kesehatan Hewan Ragunan dimungkinkan menerima titipan hewan peliharaan. Umumnya waktu-waktu khusus tersebut antara libur panjang nasional seperti hari lebaran atau hari libur panjang wilayah Jakarta.

Keterangan tersebut dibenarkan oleh Kepala DKPKP Provinsi DKI Jakarta, Darjamuni, Selasa (28/5/2019), pihaknya (jajaran Pemprov DKI Jakarta) menyediakan layanan penitipan hewan khusus di hari mudik lebaran.

"Kami menyediakan layanan penitipan hewan khusus di hari mudik lebaran, mulai tanggal 1 Juni hingga 9 Juni 2019. Tujuannya agar hewan-hewan tetap dapat terawat dengan baik pada saat ditinggalkan pemiliknya pulang kampung," kata Kepala DKPKP Provinsi DKI Jakarta, Darjamuni.

Syarat menitipkan hewan peliharaan, saat dijelaskan Darjamuni. diantaranya fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), buku vaksinasi komplit, dan membawa kartu identitas hewan. Jika persyaratan memenuhi ketentuan, pemilik dikenakan biaya penitipan sebesar Rp. 50.000/hari. Menurut pendapat pribadi penulis, biaya yang dikeluarkan untuk menitip hewan tersebut cukup murah karena termasuk biaya pemeliharaan, perawatan, makan, dan minum hewan.

Jika Anda membandingkan di Pet shop terdekat wilayah Jakarta, kemungkinan harga yang dikeluarkan 2-3 kali lebih besar. Apalagi hari liburan seperti mudik lebaran, kemungkinan kenaikan harga bisa bertambah karena kapasitas petshop yang menerima jasa penitipan terbatas.

Catatan kecil tentang harga layanan Puskeswan

Harga yang tercantum dalam layanan puskesmas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Daftar harga Pusat Kesehatan Hewan tiap wilayah kemungkinan besar tidak sama bergantung kebijaksanaan masing-masing tempat. Dengan melihat daftar harga dalam gambar, pemilik hewan peliharaan dapat memprediksi kisaran biaya yang dibutuhkan untuk periksa dan mengobati hewan.

Secara keseluruhan pelayanan Puskeswan cukup menyenangkan karena dokter, petugas dan karyawan yang bekerja disana ramah dan siap membantu pemilik hewan, jika membutuhkan informasi yang berkaitan dengan hewan. Saya pribadi telah beberapa kali pulang pergi ke sini untuk suatu urusan dan pelayanan tetap terjaga dengan baik.