Header Ads Widget

}

7 Cara Mengobati Kutu Kucing Sekitar 2 Minggu Sembuh

Hewan peliharaan yang dirawat dalam rumah selain perlu perhatian untuk kesejahteraan terjamin, juga faktor kesehatan mereka aman penting selalu prima. Jenis peliharaan cukup populer seperti kucing hingga anjing yang terbiasa dibiarkan keluyuran tanpa pengawasan majikan, rentan terinfeksi kutu, bakteri dari luar lingkungan rumah.

Penyakit yang cukup banyak dialami kucing, salah satunya kutu menempel di badan mereka.

Alasan kutu kucing perlu diobati segera

Pecinta hewan yang lama merawat kucing menyadari bagaimana jika kucing berkutu di awal terjangkit tidak disembuhkan segera. Ketika kutu kucing yang ada pada satu hewan semakin dewasa menghasilkan telur baru dan menetas, risikonya adalah menularkan kepada peliharaan lain yang ada dalam rumah.

Infeksi kutu pada kucing juga bisa menjangkiti anggota keluarga yang tinggal bersama dengan hewan tersebut.

Kelompok kutu yang umum hidup dalam hewan peliharaan kucing adalah Ctenocephalides felis. Beberapa gejala yang dialami kucing atau manusia terinfeksi kutu tersebut merasakan gatal.

Mengutip kompas.com seperti dilansir Dokter Hewan dan pengajar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana Kupang, drh. Yeremia Yobelanno Sitompul M.Sc menjelaskan, cara efektif memeriksa kesehatan kulit kucing dapat membawa mereka ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa terperinci. Dengan meluangkan waktu ke dokter hewan terdekat setiap periode tertentu, lebih mudah deteksi kemungkinan kucing terinfeksi kutu.
"Jadi pastikan dulu hewannya kalau enggak ada kutu. Minta cek ada kutu atau tidak, kalau misalnya ada maka akan diobati, dan ikuti anjuran dokternya," kata Yeremia, Jumat (29/5/2020).
Lebih lanjut ia menerangkan alasan kutu kucing perlu diobati segera, selain langkah pencegahan lebih efektif agar tidak terulang kembali penularan sesama kucing, faktor lain yang lebih penting adalah kebersihan lingkungan rumah bebas dari kutu kucing.

Ciri-ciri kucing terinfeksi kutu

Hewan peliharaan kucing cukup rentan terinfeksi kutu selama pola hidup mereka tidak diawasi dengan baik oleh majikan. Kutu kucing dapat terjadi pada semua jenis kucing, namun sebagian besar dari mereka lebih rentan dialami kucing dewasa. Anak kucing yang belum dewasa dan sebagian besar aktivitas dalam rumah, memiliki kecenderungan masalah kutu karena terbawa dari kucing dewasa.

Ciri-ciri kucing berkutu

  • Timbul masalah kesehatan pada kulit dan mantel bulu
  • Kebiasaan kucing lebih sering mengaruk
  • Lapisan mantel bulu kucing akan rontok
  • Aktivitas harian menurun menjadi lebih lesu dan lemah
  • Kondisi kucing yang sudah banyak kutu, dimungkinkan menderita Anemia. Penyakit Anemia adalah saat makhluk hidup di diagnosa kekurangan darah. Cara kutu bertahan hidup rata-rata menghisap darah inang. Jika kutu sudah demikian banyak sehingga hewan peliharaan mengalami Anemia, bawa mereka ke dokter hewan untuk penanganan medis.

7 Cara Mengobati Jamur Kucing Sekitar 2 Minggu Sembuh

Cara mengobati kutu kucing agar kembali sehat dan normal dalam waktu singkat dimungkinkan terlaksana jika dirawat telaten dan benar.

Mengutip beberapa sumber yang mengulas cara menghilangkan kutu kucing dalam waktu cepat, ada beberapa metode yang perlu Anda ketahui. Dari metode pengobatan tersebut sebaiknya disesuaikan pada kondisi hewan peliharaan tersebut. Misalnya pertimbangan usia anakan atau sudah dewasa, apakah mereka memiliki kulit sensitif hingga riwayat penyakit lain yang pantang kontak dengan zat dan cairan.

Beberapa sumber yang baik sebelum mengunakan cara pengobatan alternatif yang tertulis, minta saran dari peternak profesional, komunitas kucing sesuai ras mereka atau menanyakan ke dokter hewan terdekat.

1. Menggunakan shampo anti kutu kucing
Salah satu cara umum dilakukan pemilik hewan peliharaan ketika kucing mereka terdapat kutu, yakni dengan memandikan dengan shampo kutu yang khusus kucing. Shampo kucing berbeda dengan shampo manusia atau sampo anjing. Cara menghilangkan kutu kucing tidak bisa hanya sekali saja dimandikan.

Artikel terkait tentang kutu


2. Menggunakan minyak telon
Minyak telon biasanya dipakai sebagai perawatan kulit bayi. Anda bisa menggunakan minyak telon sebagai alternatif untuk menghilangkan kutu kucing. Cara pakai minyak telon pada kucing berkutu sangat mudah, menuangkan ke tangan Anda atau langsung ke bagian kulit kucing terdapat kutu. Menggunakan minyak telon untuk mengusir kutu dari tubuh hewan perlu antisipasi tidak terjilat mereka. Cara mencegah kucing menjilat zat atau cairan obat tersebut bisa memakai collar yang berbentuk corong di bagian leher.

Ilutrasi collar kucing
Collar untuk kucing bisa Anda temukan dalam situs online belanja yang menjual kebutuhan khusus hewan peliharaan.

3. Menggunakan sisir kutu kucing
Cara ketiga menghilangkan kutu kucing adalah memakai alat sisir khusus kutu. sisir ini memiliki desain berbeda dengan sisir umumnya. Biasanya sisir kutu dipakai sebelum memandikan kucing menggunakan sampo anti kutu.
4. Menggunakan air cuka atau cuka apel
Cuka bisa dipakai menghilangkan kutu kucing namun perlu hati-hati menggunakan. Metode cara pemakaian air cuka menghilangkan kutu kucing tidak boleh dipakai tanpa campuran air untuk menurunkan kadar asam cuka. Skala campuran air cuka dengan air sekitar 50:50 atau 70 air:30 air cuka. Pengobatan kutu kucing dengan air cuka tidak disarankan terkena luka atau mengenai bagian muka dan area sensitif yang cenderung lapisan kulit tipis.
5. Menggunakan lidah buaya
Bahan lain bisa anda gunakan mengusir kutu di badan kucing adalah lidah buaya. Caranya blender atau tumbuk halus lidah buaya lalu campur dengan air, setelah larutan diperkirakan cukup dipakai, tuang ke dalam botol semprot.
6. Menggunakan lemon
Pilih sekitar dua butir lemon, potong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya meletakkan ke wadah penampung dengan menambahkan air. Anda bisa juga menghangatkan air untuk larutan lemon ini. Setelah selesai simpan dalam botol semprot. Larutan ini lebih bermanfaat dipakai keesokan harinya.
7. Menggunakan garam
Bahan garam mudah didapat disekitar rumah, penggunaan garam lebih efektif untuk menghilangkan telur dan Larva kutu kucing. Anda bisa melakukan kombinasi bersama cara pengobatan lain agar kutu kucing benar-benar bersih dari badan. Cara menggunakan garam yakni mencampurkan dengan air dan dipakai sebagai bilasan kucing saat mandi.

Banyak cara mengobati kutu kucing sekitar 2 minggu sembuh. Selama perawatan dan pemberian obat kutu tidak bolong, peluang kesembuhan bisa semakin cepat. Majikan yang merawat ras hewan tertentu, memiliki riwayat kesehatan, atau usia peliharaan masih kecil, disarankan konsultasi ke dokter hewan terdekat untuk penanganan medis.

Sumber foto:
thepipershihtzu2.blogspot.com
Tokopedia.com
Shopee.co.id

Post a Comment

0 Comments