Header Ads Widget

}

Anjing Samoyed

Jenis Anjing Samoyed

Ras anjing Samoyed dalam kehidupan masyarakat Siberia di barat laut punya peran penting pada aktivitas harian. Mulanya hewan peliharaan ini sering membantu kegiatan berburu dan menjadi transportasi pengangkut barang dengan kereta luncur. Cuaca yang cenderung dingin dan penuh salju di Siberia, penduduk memperoleh kehangatan dari mantel bulu Samoyed.

Karakter Anjing Samoyed

Ras anjing Samoyed bisa dikatakan hewan yang populer sebagai peliharaan karena karakteristik mereka mengagumkan. Hewan berwatak lembut dan tenang dengan ciri khusus mantel bulu cenderung berwarna putih. Terkenal sebagai hewan penyayang dan senang menjadi pusat perhatian anggota keluarga.

Habitat alamiah asli anjing ini berada di tempat dengan suhu rendah dan sangat dingin. Meski tinggal di lingkungan yang dingin, Samoyed bisa beraktivitas seperti biasa karena punya lapisan mantel bulu ganda yang menghangatkan.

Watak anjing Samoyed agak berbeda dengan anjing peliharaan lainnya. Anjing yang berasal dari Siberia, Rusia yang rata-rata hidup mencapai 12-15 tahun ini, tergolong aktif dan jarang bermalas-malasan.

Mereka memiliki aktivitas rutin menyalurkan energi yang menumpuk dengan berjalan, berlari dan kegiatan olahraga lain. Oleh sebab itu, calon majikan yang sulit menyediakan waktu untuk mereka, tidak disarankan memelihara, karena ras anjing ini butuh perhatian yang lebih banyak.

Ras anjing Samoyed yang mendapat perawatan dan latihan secara tepat, sebagian besar jarang bermasalah dan termasuk ramah dengan anak-anak.

Mereka adalah satu diantara hewan yang cerdas dengan kelembutan seperti diharapkan oleh banyak individu. 

Beberapa pengaruh karakter anjing Samoyed dominan membawa garis keturunan induk mereka, ditambah latihan, perawatan dan interaksi. 

Sebelum Anda memutuskan membeli atau adopsi ras anjing Samoyed, pastikan lingkungan yang ditempati tidak kecil seperti hunian apartemen karena mereka perlu ruang cukup besar untuk bermain dan olahraga.

Cara Merawat Anjing Samoyed

Cara merawat anjing Samoyed sangat baik di lingkungan tak keras. Misalnya memilih lingkungan tekstur tanah dan rumput. 

Proses tumbuh kembang anak anjing Samoyed tidak terlalu cepat membuat badan mereka membesar dan cenderung stabil. Takaran makanan harian yang baik untuk mereka dengan komposisi 22-25 persen protein dan 12-15 persen lemak.

Cara merawat mantel bulu anjing Samoyed

Anjing Samoyed punya ciri khas pada mantel bulu mereka yang lembut dan tebal. Dengan warna mantel bulu yang dominan putih, krem dan campuran lain, perlu mendapat perawatan secara berkala.

Misalnya untuk mencegah bulu rontok berlebihan, Samoyed perlu di sisir dan di sikat bulu mantelnya setiap 2 kali dalam seminggu. Kondisi kebersihan bulu mereka bergantung aktivitas harian, apakah sering main di luar dengan bergulingan di tanah dan rumput.

Cara merawat mantel bulu anjing Samoyed paling praktis adalah membawa mereka ke grooming profesional. 

Selama perawatan grooming, periksa kebersihan gigi mereka dari karang gigi dan bakteri yang mungkin menetap dari sisa makanan yang tertinggal. Biasanya majikan yang kurang memperhatikan kesehatan gusi dan gigi anjing, rata-rata akan menemukan aroma bau mulut dari hewan.

Perawatan lainnya untuk anjing Samoyed yang tak boleh ditinggalkan adalah menggunting kuku yang panjang sekitar 1-2 bulan sekali.

Cara Melatih Anjing Samoyed

Cara Melatih Anjing Dewasa Duduk dan Trik Lain
Jika Anda satu pemilik akan melatih anjing dewasa beberapa trik. Beberapa dukungan agar latihan bisa berlangsung singkat seperti:

1. Sikap sabar
Mulai memberi latihan untuk hewan sejak dini sangat baik membentuk perilaku baik dengan anggota keluarga dan hewan lain. Selama sesi latihan berlangsung, beri kesempatan untuk mengulang jika di anggap belum benar. 

2. Mengenali kebiasaan
Sebagian ras anjing punya kebiasaan yang mirip meski tidak selalu sama. Perhatikan hal positif yang bisa dijalankan agar sesi latihan seperti harapan Anda.

Untuk melatih anjing trik adalah menghindari hukuman fisik bagi mereka. Pemberian hukuman fisik hanya menimbulkan trauma baru dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal paling efektif mengajar dengan memberi reward penguatan positif, sehingga kebiasaan tersebut akan berulang kembali.

Memulai Melatih Anjing Dewasa Duduk

Cara melatih anjing duduk, sebagian besar menggunakan kata "sit" sebagai instruksi. Sebelum memulai latihan duduk, beberapa persiapan awal diperlukan, seperti:

-makanan, camilan sebagai reward
- pilih posisi yang tepat, misalnya berhadapan dengan mereka.

Langkah pertama mengenalkan makanan yang dipegang supaya bisa diendus mereka.
angkat tangan berisi makanan sekitar 1 setengah tinggi badannya. Jika tangan terlalu tinggi, anjing terlihat mengangkat kaki depan. Sebaik diturunkan menyesuaikan posisi agar nyaman.

Praktekkan mengangkat tangan berisi makanan, ucapkan kata "sit" hingga mereka duduk.
Jika melakukan instruksi dengan benar, segera berikan camilan dan lakukan latihan tersebut berulang-ulang sampai mereka memahami intruksi yang diajarkan.

Rata-rata anjing memerlukan proses belajar hingga 5-15 kali mengenal instruksi.

Jika anjing belum bisa duduk seperti diinginkan, disarankan tidak mengucapkan kalimat lain dan mengulang kembali instruksi hingga mereka paham.

Beberapa ras anjing mungkin masih bingung yang diinginkan Anda. Caranya menekan punggung atau bagian belakang secara lembut agar duduk.

Selain diajarkan perintah dasar seperti duduk, berdiri, berlari dan menghampiri. Proses latihan harus diberikan secara sabar dan konsisten. Lakukan bertahap dari yang termudah sampai mengerti yang diinginkan Anda. 

Harga Anjing Samoyed

Jika Anda satu dari pecinta hewan yang ingin memelihara anjing Samoyed, ada beberapa pilihan untuk mendapatkan mereka. Selain berkunjung ke pet shop atau peternak profesional dalam negeri dan luar negeri, diperkirakan untuk ras asli dengan warna putih berkisar antara Rp. 17 jutaan. 

Mungkin Anda bisa mendapat harga yang lebih murah dari 17 juta untuk ras anjing Samoyed jika beruntung, namun pastikan adanya surat lahir yang diakui asosiasi hewan dan melakukan transaksi langsung untuk melihat kesehatan mereka sebelum memboyong mereka ke tempat baru.

Sumber gambar Pixabay.com

Post a Comment

0 Comments