Header Ads Widget

}

3 Cara Merawat Kucing Persia dengan Biaya Murah

pexels.com@pixabay
Kucing Persia adalah ras hewan yang cukup banyak di rawat masyarakat sebagai peliharaan di rumah. Dalam survey yang pernah dilakukan care.com untuk mengetahui ras kucing yang paling diminati, ternyata kucing Persia di peringkat pertama dari keseluruhan ras kucing yang diinginkan dalam keluarga.

Jika Anda salah satu pemilik yang memelihara mereka dan belum tahu cara merawat kucing Persia, ternyata biaya perawatan untuk hewan peliharaan ini bisa dilakukan dengan biaya yang lebih murah.

Trah Persia yang dikenal berasal dari Iran, sangat mudah untuk dikenali ciri fisiknya. Tanda fisik wajah mereka yang bulat yang unik, semakin lucu karena bentuk mata yang besar dan yang paling mengesankan adalah keindahan bulu mereka. Tidak mengagetkan jika kucing Persia digolongkan kucing dengan mantel panjang.

Tips Cara Merawat Kucing Persia


Standar Umum Perawatan Kucing Persia

hewandankita.blogspot.com/

Cara perawatan untuk hewan peliharaan selalu berbeda meskipun mereka masih dalam kelompok yan sama. Misalnya kucing, selain memenuhi kebutuhan dasar mereka dengan makanan berkualitas tinggi dan menyediakan sarana pendukung, pada ras Persia memerlukan lebih banyak waktu, biaya dan tanggung jawab kepada anggota keluarga.

Hewan yang dirawat mulai dari kucing hingga anjing, pada masa tertentu dapat mengalami kerontokan bulu secara tidak wajar. Berbeda dengan bulu rontok pada tahap normal, hal tersebut masih dianggap normal oleh pemilik.

Tip cara merawat kucing Persia dengan biaya murah, dianggap sebagian pemilik sangat membantu menekan pengeluaran yang tidak perlu. Setelah membaca artikel ini, diharapkan bisa bermanfaat untuk Anda tetap optimal merawat kucing persia di rumah, namun ada pengurangan biaya yang terasa saat menerapkan.

Beberapa cara merawat kucing persia di rumah dengan biaya lebih murah, tip sederhana yang dapat Anda lakukan secara konsisten seperti:


  1. Rajin menyisir bulu
  2. Kunjungi grooming profesional
  3. Menjadwalkan mandi dalam waktu yang tepat


Rajin menyisir bulu


Ras Persia murni masih masuk kelompok kucing asli sehingga harga adopsi usia anak sudah cukup tinggi. Dikutip dari situs petsittersireland, kisaran harga adopsi yang anakan saja bisa mencapai $ 500 hingga $ 700. Biaya awal untuk adopsi ras kucing murni ini, tentu semakin bertambah jika Anda menginginkan mereka dengan pola khusus.

Ras kucing Persia yang banyak disukai untuk dipelihara di rumah, sebagian besar menginginkan mereka dengan warna bulu putih. Warna favorit untuk bulu kucing persia tersebut, tentu bisa berbeda di wilayah dan negara. Mungkin di lokasi lain, bulu kucing persia dengan kecokelatan lebih indah karena mengingatkan dengan coklat. Warna bulu kucing Persia yang cukup banyak diinginkan sangat beragam. Dari beberapa situs kucing yang mengungkapkan warna bulu Persia favorit, seperti kebiruan, kehitaman, Cream, dan kemerahan.

Baca juga:

12 Ras kucing termahal di dunia
9 Cara merawat kucing Anda agar selalu sehat
Tanda kucing akan melahirkan
Beda kucing Persia dengan Anggora
Mengenal kucing Persia murni atau mixdome

Seperti yang dituliskan diatas, untuk merawat kucing Persia dengan harga murah, pemilik hewan peliharaan perlu waktu untuk menyisir mantel bulu mereka.

Kesehatan bulu kucing yang terlihat licin, halus, lembut, tidak kusam, tidak kusut dan berkilau, menjadi tanda bulu kucing tersebut mendapat nutrisi yang cukup.

Selain makanan yang bergizi untuk kesehatan bulu kucing, kebiasaan pemilik hewan peliharaan yang menyisir bulu mereka secara teratur, akan membuat tampilan mantel tidak kusut.

Manfaat yang lain dari menyisir bulu ras Persia, kotoran yang menempel dan ada di bagian kulit dapat dicegah sehingga membantu kesehatan tetap terjaga. Menyisir bulu kucing Persia secara teratur, selain dapat menghilangkan bulu yang rontok di badan mereka, juga membantu sirkulasi udara yang sedikit menjadi lancar.

Ini akan menguntungkan Anda karena minyak alami yang diproduksi kulit kucing dapat bekerja maksimal sehingga tidak memerlukan vitamin tambahan agar bulunya indah.

Kunjungi pet shop dengan fasilitas grooming profesional


Memelihara hewan peliharaan adalah kebanggaan tersendiri untuk pemilik. Pada sisi lain, mereka juga membutuhkan tanggung jawab pada kehidupan harian mereka.

Selain makanan dengan pakan khusus untuk hewan dan menyediakan tempat yang layak, kucing dapat terabaikan oleh pemilik jika sangat sibuk bekerja. Atau situasi khusus, pemilik harus keluar kota untuk urusan tertentu.

Jika Anda dalam situasi seperti ini, keinginan menitipkan hewan peliharaan ke pet shop yang dipercaya mampu merawat mereka sangat penting.

Untuk mencari pet shop profesional tersebut, tidak ada salahnya Anda menyediakan waktu spesial untuk kucing Persia mendapat grooming dari tenaga terlatih. Pet shop yang dilengkapi fasilitas titipan hewan, sebagian besar dapat merawat hewan sesuai standar.

Dikutip dari cnbcindonesia.com seperti yang dilansir dari narasumber Susan Santoso menjelaskan, sekitar 50% dari pemilik hewan membawa peliharaan untuk grooming. Susan menambahkan, salah satu tujuan pemilik memberi grooming pada mereka adalah tetap cantik dan sehat.

"Paling umum dan paling banyak pemilik hewan memilih jasa grooming di pet shop. Itu sekitar 50% kalau kita perkirakan," ujar Susan kepada media berita Indonesia.

Manfaat lainnya yang diterima pemilik kucing persia membawa hewan untuk grooming profesional, beberapa layanan perawatan dan kesehatan yang lain didapatkan hewan.

Beberapa perawatan kesehatan yang diterima kucing persia, mulai dari pemotongan kuku yang panjang, perawatan gigi mereka dan tambahan pemberian vitamin jika diperlukan.

Sebab cara potong kuku yang benar hingga sikat gigi kepada hewan yang seharusnya, tidak sedikit pemilik masih ragu melakukan sendiri karena takut melukai jika tidak bisa.

Menjadwalkan mandi dalam waktu yang tepat

pxhere.com

 Cara merawat Kucing Persia dengan biaya murah ke tiga adalah memandikan.

Kucing, sejatinya hewan yang bisa membersihkan diri sendiri. Mereka senang menjilati bulu yang dianggap kotor atau kurang bersih. Menggunakan lidah yang seperti sisir, ia dapat mengangkat kotoran ringan seperti debu dan bulu yang rontok.

Dikutip dari tanyadokterhewan.com menerangkan, beberapa alasan kucing perlu dimandikan jika kucing tersebut masuk dalam kriteria berikut:

  1. kucing bulu panjang
  2. kucing outdoor
  3. kucing tua
  4. kucing sedang sakit kulit.


Ras kucing Persia yang sudah dikenal sebagai hewan rambut panjang, Biasanya perlu perawatan tambahan untuk menjaga kesehatan bulu mereka tidak kusut dan menggumpal. Untuk memandikan kucing persia tersebut, perlu dijadwalkan 1 - 2 bulan sekali.

Memandikan kucing persia secara teratur, Anda perlu memperhatikan faktor lain sebelum membersihkan. Misalnya, kecukupan umur, suhu air dan suhu air yang sesuai.